Kades Bringinan Fokuskan Kesehatan Masyarakat

253

PONOROGO — Kesehatan jadi hal penting yang harus dijaga, lebih baik mencegah daripada mengobati sepertinya menjadi tagline yang direalisasikan oleh Kepala Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Barno menggiatkan pelayanan kesehatan bagi warganya.

Terbukti setiap satu kali dalam sebulan ia mengumpulkan ratusan Lansia untuk mengecek kesehatan. “Kali ini ada 210 orang, semoga tahun depan bisa 300 orang,” jelasnya kepada Cendana News, Jumat (27/10/2017).

Meski diakuinya, pelayanan kesehatan ini masih menggunakan 8% dari dana desa. Ia berharap tahun depan bisa capai 10% dari dana desa.

“Sesuai dengan amanat UUD bahwa 10% dana desa untuk kesehatan masyarakat, karena kesehatan itu penting,” cakapnya.

Menurut bapak dua orang anak ini, pelayanan kesehatan sebenarnya sudah berjalan efektif selama dua tahun terakhir. Pelayanan kesehatan yang didapat, mulai dari cek kesehatan gula darah, asam urat, dan tekanan darah.

“Kami lebih mengarah ke pencegahan, daripada terlambat,” tukasnya.

Untuk mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat ini, peserta harus berumur 60 tahun keatas dan merupakan warga Desa Bringinan. “Sementara untuk Lansia yang ada di Bringinan,” tandasnya.

Hal yang menarik lainnya, setiap peserta cek kesehatan diberi bingkisan makanan. Mulai dari makanan yang menyehatkan lengkap dengan susu yang cocok bagi Lansia. “Pulangnya, kami beri satu set produk susu untuk Lansia dan makanan,” ujarnya.

Tidak hanya pelayanan kesehatan, disini warga juga bisa bertanya langsung kepada ahli, ada satu dokter umum dan perawat serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai penyuluh kesehatan.

Seperti yang dilakukan oleh Lion Galera Saputra (21 tahun) yang tercatat sebagai mahasiswa S1 Keperawatan ini memberikan penyuluhan terkait asam urat.

“Mulai dari pengertian, penyebab, tanda gejala, pencegahan dan pengobatannya seperti apa, diharapkan para Lansia ini lebih memperhatikan asupan makanannya,” pungkasnya.

Kades Desa Bringinan, Barno saat ditemui disela acara pelayanan kesehatan/ Foto : Charolin Pebrianti.
Lihat juga...