Kurangi Antri, Disdukcapil Balikpapan Terapkan Layanan Doyan

BALIKPAPAN – Mulai Oktober 2017, Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan mulai menerapkan pelayanan Doyan (Dokumen Ok Saya Antar). Melalui program layanan tersebut, Disdukcapil berupaya mengurangi penumpukan antrian dan penumpukan dokumen. Adapun pelayanan Doyan itu untuk sementara melayani pelayanan Akte Kematian, Kelahiran, dan Kartu Keluarga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Chairil Anwar mengungkapkan, program Doyan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dengan diantar langsung, maka dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dari sisi transportasi.

“Doyan ini sebenarnya program kita yang sudah disampaikan ke masyarakat. Alhamdulillah di sini tiap tahun membuat suatu terobosan. Memang tujuan pertama membantu masyarakat dengan kita mengantar otomatis biaya berkurang. Tadinya dari RT, ke kelurahan, camat ke capil itu berapa duit dikeluarkan masyarakat,” terangnya, Kamis (26/10/2017).

Dijelaskannya, dengan diantar langsung maka penumpukan warga yang akan mengurus dokumen kependudukannya di kantor Disdukcapil kota juga bisa berkurang. Namun demikian, Doyan ini untuk sementara melayani tiga pelayanan itu saja.

“Ada banyak pelayanan yang dilakukan Disdukcapil, ada 23 pelayanan kependudukan namun untuk program Doyan ini kita utamakan akte kelahiran dulu karena ada 17 rumah sakit  cukup ambil akte di rumah sakit. Berarti orang datang ke capil mulai berkurang. Tapi nanti ke depan gitu terus, cukup misalnya di kelurahan saja. Jadi nggak numpuk di sini,”jelasnya.

Untuk diketahui, layanan Dokumen Oke Saya Antar (Doyan) ini kerja sama dengan PT Pos Indonesia dan Bank Kaltim yang sudah ditandatangani pada bulan Agustus 2017. Dalam kerja sama ketiga pihak diuntungkan, masyarakat dan Disdukcapil lebih dimudahkan.

Lihat juga...