Pemuda Minta Legislator Papua Tidak Lupa Rakyat

JAYAPURA – Legislator Papua dari kursi Otonomi Khusus diharapkan tidak melupakan statusnya sebagai wakil rakyat. Harapan tersebut muncul mengingat sebentar lagi mereka akan dilantik untuk menduduki jabatannya.

Tokoh pemuda Papua Hendrik Yance Udam menyebut, ada 14 wakil rakyat dari Kursi Otsus yang akan dilantik. “Saya minta dan harapkan kepada 14 orang wakil rakyat yang sudah dinyatakan terpilih dan telah diumumkan untuk dilantik menjadi legislator di DPRP agar bisa melaksanakan kepercayaan masyarakat adat dalam menyuarakan keberpihakan di berbagai bidang,” ujar Hendrik, Minggu (1/10/2017).

Menurut dia, berbagai harapan ada di pundak para wakil rakyat dari jalur pengangkatan tersebut. Temasuk pelaksanaan fungsi kontrol bagi pemerintah dan aspirasikan keinginan rakyat dalam hal pembangunan.  “Banyak keinginan masyarakat adat yang belum terakomodir, sehingga dengan adanya 14 orang yang akan dilantik itu, harapannya warga Papua bisa diwujudukan,” tambahnya.

Hendrik mengapresiasi komitmen dan dorongan dari Pemerintah Provinsi Papua yang segera mengusulkan kepada Kementrian Dalam Negeri untuk melantik wakil rakyat dari 14 kursi Otonomi Khusus (Otsus) jalur pengangkatan. Sejak proses awal hingga terjadi seleksi di lima wilayah adat guna memilih dan menentukan orang-orang terbaik.

Dari kegiatan tersebut kemudian terjadi sejumlah proses hokum yang cukup memakan waktu panjang dan melelahkan. Namun pada pekan kemarin Gubernur Lukas Enembe telah menyatakan wakil rakyat dari 14 kursi Otsus akan segera dilantik. Pelantikan kursi 14 wakil rakyat dari kursi Otsus sudah sangat dinantikan oleh segenap lapisan masyarakat Papua.

Hal itu telah diperjuangkan sejak beberapa tahun terakhir, apalagi masa berlaku Otsus tinggal berlaku enam tahun. Sehingga diharapkan dengan adanya wakil rakyat dari jalur Otsus kegiatan legislasi di DPRP bisa lebih maksimal, karena mereka bisa menyuarakan suara rakyat, suara dari kampung-kampung untuk memajukan rakyat asli Papua.

“Ini merupakan langkah yang tepat dan luar biasa, karena Pak Lukas Enembe ikut mendorong duduknya para wakil rakyat dari jalur Otsus untuk duduk diparlemen,” katanya.

Sebelumnya pada Rabu pekan kemarin, Gubernur Lukas Enembe usai penandatanganan NPHD pilkada Papua 2018 menyampaikan bahwa wakil rakyat dari 14 kursi Otsus segera dilantik. “Saya sudah minta kepada Ketua DPRP Yunus Wonda untuk segera melantik mereka (14 kursi Otsus,red) karena anggaran perubahan sudah masuk di DPRP yah, hasil evaluasi Depdagri sudah dikirim dan berarti sudah bisa dilantik,” katanya.

Ke-14 nama wakil rakyat kursi Otsus dari jalur pengangkatan yang dinyatakan lolos seleksi dari lima wilayah adat di Papua oleh Pansel MRP pada September 2016 diantaranya Ramses Ohee dan Piter Kwano dari wilayah adat Mamta. Dari wilayah adat Saireri yakni Yohanes Luis Ronsumbre, Yonas Nusi dan Yotam Bilasi. Wilayah adat Lapago yaitu Arnold Wenekolik Walilo, Jhon W Wilil, Kope Wonda dan Timotius Wakur.

Lalu, dari wilayah adat Meepago yakni Ferry Omaleng, Jhon Nasion Robby Gobay dan Julianus Miagoni, dan wilayah Anim Ha yaitu Frits Tabo Wakyasu dan Maria Elizabeth Kaize. (Ant)

Lihat juga...