hut

Sulteng Kirim Lima Atlet Panahan ke Kejurnas

PALU – Provinsi Sulawesi Tengah mengirim lima atlet terbaiknya untuk mengikuti kejuaraan nasional panahan yang berlangsung di Aceh awal pekan November 2017.

Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles, mengatakan, Ketua Umum KONI, Anwar Ponulele, yang melepas kontingen panahan yang terdiri atas lima atlet dan sejumlah ofisial. “Pak Ketua Umum KONI Sulteng berharap ada di antara mereka yang mengukir prestasi,” katanya, Sabtu (28/10/2017).

Pengprov Cabang Panahan, kata dia, baru saja terbentuk pengurusnya dalam setahun terakhir ini, tetapi sudah bisa mengirim atlet ke kejurnas.

Kejurnas di Aceh menjadi tolak ukur bagi prestasi atlet Sulteng untuk menghadapi kegiatan lebih besar, yakni Pekan Olahraga Nasiona XX di Papua pada 2020.

Meski cabang panahan tidak termasuk dalam sejumlah cabang prioritas dan unggulan pada PON Papua, katanya, hal itu tidak menutup kemungkinan justru mengukir prestasi terbaik di kejurnas Aceh.

Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele, juga meminta para atlet untuk menjaga kondisi kesehatan agar saat turun bertanding di kejurnas dalam kondisi fisik yang prima.

Salah satu faktor pendukung dalam suatu pertandingan atau perlombaan adalah fisik yang prima. “Kalau fisiknya lemah atau tidak sehat, akan sangat sulit bagi seorang atlet mengukir prestasi cemerlang,” kata Anwar.

KONI Sulteng telah menetapkan tujuh cabang prioritas dan unggulan di PON XX. Cabang itu terdiri atas dayung, sepak takraw putri, tinju, pencak silat, binaraga, karate, dan kempo. Sebanyak tujuh cabang tersebut berhasil menyumbangkan medali pada PON XIX/2016. (Ant)

Lihat juga...