Tiga Puluh Sahabat Ombudsman RI jadi TOT

BALIKPAPAN – Sedikitnya 30 orang di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akan dijadikan Traine of Trainer (TOT) Ombudsman Republik Indonesia (ORI), yang nantinya akan menjadi bagian dari ORI yang ikut membantu masyarakat dalam advokasi pelaporan pelayanan publik.

Pembentukan Sahabat ORI yang dijadikan TOT itu menyusul minimnya jumlah pegawai ORI Kaltim yang kini hanya berjumlah 9 orang.

Ketua ORI Perwakilan Kaltimra, Syarifah Rodiah mengungkapkan, Sahabat Ombudsman ini akan diberikan pelatihan dan pemahaman terkait pengawasan pelayanan publik dan kebijakan pemerintah.

“Mereka inilah yang akan menjadi agen ORI guna memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat mengenai peran ORI. Sebelum menjadi agen ORI, tentu saja mereka kita latih dulu agar mereka benar-benar paham,” paparnya kepada media, Kamis (5/10/2017).

Menurutnya, Sahabat Ombudsman dapat berasal komunitas yang ada di masyarakat, perwakilan organisasi masyarakat dan mahasiswa termasuk kalangan media yang peduli pada pelayanan publik.

“Dalam waktu dekat kita lakukan traine of trainer. Ini program baru dan kita sudah lakukan sosialisasi tahap kedua. Pertemuan berkala juga terus dilakukan dengan beberapa LSM, masyarakat adat dan mahasiswa serta organisasi profesi dan para guru,” tandasnya.

Diharapkan setelah mereka dilatih tahap demi tahap, akan tahu persis soal pengawasan publik. Mereka harus paham betul dalam mengedukasi masyarakat melalui program Sahabat Ombudsman.

Sementara itu, jumlah pelaporan yang diterima tahun ini sekitar 74 pengaduan. “Kebanyakan soal penundaan berlarut. Itu kelemahan pelayanan publik yang kita temukan,” tandas Syarifah.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa pelayanan publik di Kaltim terutama penyelesaian masalah seperti sengketa lahan yang kerap berlarut-larut menjadi perhatian serius ORI.

“Proses pengeluaran sertifikat yang masih memakan waktu lama juga menjadi perhatian. Begitu pula ketika terjadi sengketa hingga persoalan ganti rugi hak atas tanah,” tutupnya.

Lihat juga...