17 Atlet Taekwondo DIY Disiapkan Ikut Kejurnas Senior

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

47
Ketum Pengda TI DIY, Sukamto, dan Pelatih Taekwondo DIY, Ragil Atmaja, saat memberikan keterangan pers, Selasa (14/11/2017). Foto: Sodik

YOGYAKARTA — Pengurus Daerah (Pengda) Taekwondo Indonesia (TI) DIY menyiapkan 17 atlet untuk mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) senior di Jakarta, 22-23 November mendatang. Meski turun dengan banyak atlet, namun TI DIY baru berani memasang target minimal satu medali emas.

“Kami baru saja mencatat rekor meraih medali emas pertama dari Kejurnas Junior di Manado setelah empat tahun. Nah kami ingin pada Kejurnas Senior nanti, minimal bisa meraih satu emas juga,” ucap Sukamto, Ketua Umum Pengda TI DIY, Selasa (14/11/2017).

Baca juga: Bawa Pulang 11 Emas, DIY Finis Urutan 5 Peparpenas VIII 2017

Sukamto mengungkapkan, pihaknya akan mencoba seluruh kekuatan di Kejurnas mendatang. Karena itu, TI DIY kemungkinan besar bakal mengambil 15 nomor dari sekian banyak nomor yang dipertandingkan termasuk poomsae.

Pelatih Taekwondo DIY, Ragil Atmaja mengatakan, tim yang disiapkan mengikuti Kejurnas merupakan atlet Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) hasil seleksi dari beberapa event. Di antaranya, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Pekan Olahraga Daerah (Porda), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Kejurda, hingga Kejurnas.

“Jadi tim Puslatda ini merupakan kombinasi hasil penjaringan dari berbagai event. Ada Popda, Popnas, Porda, maupun Kejurnas. Semua yang memang potensial, kami ambil dan kami masukkan dalam Puslatda,” ungkap Ragil.

Ia menjelaskan, salah satu atlet yang turun di Kejurnas junior antar PPLP di Manado, R Odo Prangbakat, termasuk dalam tim yang disiapkan mengikuti Kejurnas. Odo yang meraih satu-satunya medali emas DIY dari nomor under 51, akan turun di nomor under 54.

Meski begitu, kepastian berangkat atau tidaknya Odo masih menunggu kondisi terakhir. Saat mengamankan medali emas dengan mengalahkan Jawa Barat 16:10, Odo justru dibekap cedera.

“Sekarang masih proses pemulihan. Kami masih akan lihat lagi kondisinya seperti apa,” katanya.

Baca juga: Kunjungi Pelatnas, Kasad Ingin Judo Indonesia Berprestasi di Asian Games

Ia menambahkan, atlet taekwondo lain yang juga diproyeksikan menjadi andalan DIY pada Kejurnas Senior mendatang adalah Sigit yang akan turun di nomor over 87.

“Persiapan sudah dimulai, dan latihan Puslatda akan dipusatkan di Wana Bhakti Yasa, di sebelah gedung KONI DIY,” tambahnya.

Komentar