Angin Kencang Robohkan Puluhan Rumah di Sragen

SOLO — Angin kencang melanda sejumlah Kecamatan di Kabupaten Sragen, Solo,  Jawa Tengah, Kamis (16/11/2017) sore. Akibatnya, puluhan rumah roboh rata dengan tanah,  dan belasan lainnya rusak parah.

Salah satu kampung yang terkena sapuan angin kencang ini adalah Dukuh Tambak, Desa Dawung, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Di lokasi ini,  belasan rumah milik warga dilaporkan rusak parah, akibat angin kencang yang terjadi hampir 10 menit.

“Awalnya, hanya mendung hitam,  tiba-tiba angin kencang berputar-putar hingga membuat warga takut.  Angin kencang membuat genting beterbangan”, ucap Suparno, salah satu warga Tambak.

Suparno, warga korban angin kencang. -Foto: Harun Alrosid

Menurut Suparno,  angin kencang itu sempat berputar-putar di RT 12 dan 13 Dukuh Tambak, Desa Sribit. Akibatnya, rumah warga ada yang rusak parah hingga rata dengan tanah. “Sebagian roboh, ada yang tidak.  Akibat terjangan angin puting beliung listrik di sekitar padam,” tambahnya.

Hal serupa dikatakan Suwarno, yang mengaku sudah mengetahui adanya hal janggal sebelum terjadi  angin kencang tersebut.  “Tahu-tahu atap rumah sudah rusak disapu angin,” katanya.

Sementara itu,  Camat Sidoharjo, Samsuri, menambahkan,  pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait bencana tersebut. ”Selain banyak rumah yang rusak,  banyak pohon tumbang di areal pekarangan. Saat ini masih dalam proses pendataan,”  tandasnya.

Pihaknya hingga malam ini masih terus melakukan koordinasi dengan BPBD, PMI dan tim kebencanaan lainnya.  “Kami  masih koordinasikan, namun tidak ada korban jiwa dari penduduk,” urainya.

Selain di Kecamatan Sidorejo,  angin kencang juga melanda di Kecamatan Gemilang.  Di lokasi ini,  setidaknya 25 rumah rusak akibat diterjang angin kencang.

Lihat juga...