Anies Prioritaskan Anggaran untuk Kebutuhan Warga

Editor: Koko Triarko

43

JAKARTA – Bicara rancangan anggaran memang sensitif. Karena itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tampak sangat hati-hati. Apalagi untuk memberikan jawaban atas tanggapan dan pertanyaaan sejumlah fraksi DPRD DKI Jakarta terkait RAPBD 2018.

Anies menegaskan, bahwa rancangan anggaran memprioritaskan kebutuhan warga Jakarta yang paling penting, seperti pada bidang lapangan pekerjaan, pendidikan berkualitas dan biaya hidup yang terjangkau.

“Rancangan anggaran kita prioritaskan kebutuhan warga Jakarta yang paling penting, yaitu lapangan pekerjaan, pendidikan berkualitas, biaya hidup terjangkau,” ungkap Anies, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

Lebih lanjut, Anies menerangkan, terkait pembukaan lapangan kerja akan dilakukan dengan menerapkan program OK OCE di 44 kecamatan yang akan menjadi pusat pengembangan wirausaha. “Lewat program ini, kita harapkan akan lahir 200 ribu wirausahawan baru di Jakarta,“ terang Anis.

Di bidang pendidikan, Anies tegaskan keseriusannya meningkatkan mutu dan akses pendidikan. Rencananya, pada 2018 akan ditentukan wilayah awal pelaksanaan. Nantinya, pemilihan wilayah diprioritaskan bagi kawasan yang memiliki kategori perekonomian minim.  “Program seperti ini harus dimulai dari wilayah tertentu yang terpilih. Kemudian melebar ke wilayah lain, bertahap kita melakukannya,” tambahnya.

Terkait biaya hidup di Jakarta, Anies mengaku akan memastikan kebutuhan bahan warga, terutama menyangkut kebutuhan pokok, bisa terkendali. Karena itu, Anies akan memastikan peran pemerintah menjaga pasokan stok tetap terjaga.

Selain kebutuhan pangan, Anies juga memaparkan, sandang, papan dan transportasi menjadi bagian menekan biaya hidup di Jakarta, agar terjangkau bagi warga.

Secara khusus, Anies juga menyampaikan program OK O-Trip yang diharapkan dapat terealisasi pada 2018. “Kami percaya dewan akan memproses ini secara efisien dan efektif, sehingga kita bisa mencapai kesepakatan dengan cepat dan langsung bisa kita eksekusi,” pungkasnya.

Komentar