Anies Tetap Hentikan Reklamasi Sesuai Janji Kampanye

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan tetap akan menghentikan reklamasi sesuai janji kampanye. Meski pemerintah pusat mendorong untuk melanjutkan reklamasi, Anies menilai kepentingan masyarakat harus diperjuangkan.

“Janji kita jadi pegangan kita. Di Jakarta Maju Bersama, ada salah satu item dari 23 item. Itu yang jadi pegangan kita,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2017).

Lebih lanjut, Anies mengajak semua pihak untuk membaca lengkap janji yang disampaikan Anies-Sandi dalam visi dan misi tersebut. “Namun, kita belum mau bicara soal nasib pulau-pulau yang sudah ada, akan dibiarkan atau dimanfaatkan sebagaimana saran Jusuf Kalla untuk kepentingan warga dan Pemprov, “ terangnya.

Sebelumnya, Jusuf Kalla menegaskan mustahil tidak melanjutkan proyek reklamasi yang sudah ada. Bahkan, ongkos pembongkaran lebih besar dari proyek reklamasi. Wapres mengaku juga sudah memberi wejangan kepada Anies Baswedan soal proyek reklamasi. Wejangan ini diberikan ketika Anies-Sandi bertandang ke Istana Wapres pekan lalu.

“Saya sudah bicara juga ke Anies bahwa penggunaannya harus lebih menguntungkan masyarakat dan juga pemerintah,” ungkapnya.

Jusuf Kalla menilai satu-satunya cara adalah dengan melanjutkan proyek reklamasi untuk kemudian dimanfaatkan Pemprov DKI. Sebab, selain ongkos pembongkaran yang mahal, ia menilai pembongkaran juga akan memberikan dampak ke lingkungan.

Lihat juga...