Drainase tak Berfungsi, 43 Rumah Terendam Banjir

Editor: Satmoko

52
Mumu Muflihin (34), salah seorang warga yang juga petugas Pendamping Sosial Masyarakat (PSM) Desa Waringinsari. Foto Baehaki Efendi

BANJAR – Akibat saluran drainase yang ada tidak berfungsi secara normal dan baik, sebanyak 43 rumah warga yang berada di Dusun Sukanegara, RT 01, RW 01, Desa Waringinsari, Kecamatan Langgensari, Kota Banjar, Jawa Barat, terendam banjir setinggi 50 centimeter hingga 1 meter.

Menurut warga setempat yang juga petugas Pendamping Sosial Masyarakat (PSM) Desa Waringinsari, Mumu Muflihin (34), Rabu (15/11/2017) mengungkapkan bahwa kejadian bencana alam berupa banjir yang melanda wilayah Dusun Sukanegara, dan merendam puluhan rumah tersebut terjadi pada Selasa dini hari, pada saat warga sedang tertidur lelap. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun kolam-kolam ikan milik warga banyak yang terendam dan air masuk hingga ke dalam rumah milik warga.

Kondisi banjir di wilayah Dusun Sukanegara, RT 01, RW 01, Desa Waringinsari, Kecamatan Langgensari, Kota Banjar, Jawa Barat. Foto: Baehaki Efendi

“Penyebabnya dikarenakan saluran drainase yang ada di wilayah tersebut tidak berjalan normal, ditambah lagi dengan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut terjadi sejak Selasa sore hingga Rabu pagi,” katanya.

Mumu mengatakan akibat dari bencana banjir yang terjadi di wilayah tersebut, aktivitas keseharian warga masyarakat menjadi terhambat. Mereka harus rela membersihkan lumpur sisa-sisa banjir, yang masuk ke dalam rumah, bahkan ada juga warga yang tidak bisa memasak akibat dapurnya masih terendam air.

“Sebenarnya kejadian banjir ini sering terjadi pada saat musim hujan. Pasalnya drainase saluran air yang ada di wilayah tersebut sejak 2 tahun terakhir tidak berjalan normal,” ujar Mumu.

Mumu dan warga masyarakat lainnya berharap adanya bantuan dari Pemerintah Kota Banjar bagi para korban bencana banjir. Secepatnya pula diharapkan Pemerintah Kota Banjar dapat mengatasi permasalahan drainase yang ada di wilayah tersebut sehingga disaat musim hujan turun wilayah tersebut tidak lagi menjadi wilayah langganan banjir.

Komentar