Fuad: Desa Mandiri Lestari Wujud Nyata Ekonomi Pancasila

YOGYAKARTA –  Upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dengan berlandaskan Ekonomi Pancasila, harus dilakukan tidak sekedar teori saja, namun harus secara konkrit atau nyata.

Upaya semacam inilah yang harus terus dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia, sebagaimana telah dilakukan dan dijalankan Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari. 

Hal itu diungkapkan Mantan Menteri Keuangan Kabinet Pembangunan VII era pemerintahan Presiden Soeharto, Fuad Bawazier, saat meninjau Desa Mandiri Lestari Argomulyo, Sedayu, Bantul, bersama jajaran pimpinan Yayasan Damandiri, Sabtu (04/11/2017) sore. Dalam kesempatan itu, Fuad mengapresiasi perkembangan dan kemajuan desa Argomulyo dengan pendirian sejumlah unit usaha, baik itu koperasi, homestay, warung, hingga wisata kars tubbing, maupun kuliner jamu, dan sebagainya.

“Desa Mandiri Lestari ini adalah upaya konkrit dan nyata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bukan sekedar teori-teori. Tetapi, langsung menyentuh masyarakat. Upaya senacam inilah yang mestinya dikembangkan,” ujarnya.

Dengan keberadaan sejumlah unit usaha berbasis masyarakat seperti homestay maupun warung, kata Fuad, akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Sekaligus juga menunjukkan dan menularkan kultur Indonesia kepada tamu pendatang dari daerah luar atau negara lain yang datang.

Lebih lanjut dijelaskan, selain diberikan bantuan pendirian usaha, warga sebagaimana telah dilakukan Yayasan Damandiri, juga harus didampingi dan dituntun menjalankan usaha tersebut hingga mampu mandiri. Yakni dengan memberikan pelatihan, maupun pendampingan dalam hal managemen hingga pemasaran dan sebagainya.

“Warga harus dituntun bagaimana menggunakan uang dan bantuan itu,” katanya.

Jika dikaitkan dengan Ekonomi Pancasila, program Desa Mandiri Lestari ini juga menjadi bagian hal tersebut, karena secara langsung turut membantu mewujudkan kemakmuran dan keadilan di masyarakat. “Hal semacam inilah yang perlu dikonkritkan,”  tegas Fuad.

Lihat juga...