Harga Tomat di Pasar Terong Makassar Anjlok

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

63
Tomat yang dijual di Pasar Terong Makassar/Foto: Nurul Rahmatun Ummah

MAKASSAR — Harga tomat di Pasar Terong Makassar terjun bebas dalam beberapa bulan terakhir. Biasanya per kilonya sekitar Rp15 ribu namun saat ini hanya Rp2.000.

“Baru kali ini harga tomat begitu turun saya rasa. Semajak empat tahun saya berjualan baru kali ini harga termurah yang saya jual,” ungkap Ana, salah seorang pedagang tomat pada Cendana News di sela waktunya berjualan di Pasar Terong Makassar, Selasa (14/11/2017).

Disebutkan, anjloknya harga tomat diduga karena membanjirnya pasokan. Tomat yang berasal dari Malino, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan saat ini tengah panen raya dengan hasil melimpah.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Harga Cabai di Purwokerto Melonjak

Ana menambahkan Anjloknya harga tomat juga berdampak pada turunya jumlah pembeli. Biasanya tomat yang dijualnya habis dalam tiga hari.

“Bahkan kini tomat saya banyak yang pada busuk bukannya untung saya malah rugi karena tidak ada yang beli. Biasanya saya jual Rp2.000 cuma dapat 6 biji tomat kini bisa dapat satu kilo,” tuturnya.

Ana pedagang di pasar terong /Foto: Nurul Rahmatun Ummah

Disisi lain para pembeli merasa senang dengan murahnya harga tomat. Tidak hanya ibu rumah tangga, pemilik warung makan serta pengusaha kuliner juga merasa diuntungkan.

Seperti halnya yang dirasakan oleh pengusaha catering Safri Utama. Ia hanya merogoh kocek yang sedikit untuk membeli tomat di pasar.

Menurut Muhamad Safri, biasa dirinya harus membatasi untuk membuat sambel karena harga yang agak mahal.

Baca juga: Petani Jeruk di Palas Lamsel Bertahan di Tengah Anjloknya Harga

“Biasanya pelanggan banyak yang cari sambel tomat kalau makan di warung, bahkan terkadang sering kecewa karena kehabisan, namun sekarang saya bisa buat sambel tomat agak banyak,” pungkasnya.

Komentar