Hujan Deras Sebabkan Rumah Seorang Veteran di Ciamis Ambruk

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

50
Rumah milik Sandun Supena (89) roboh rata dengan tanah, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Senin (13/11/2017)/Foto: Baehaki Efendi

CIAMIS — Sebuah rumah milik salah seorang veteran bernama Sandun Supena (89), warga di Dusun Cibereum, RT 34, RW 08, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, roboh rata dengan tanah, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Senin (13/11/2017), sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca juga: BMKG Prediksi Jakarta dan Sekitarnya Dilanda Hujan dan Angin Kencang

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Desa Cibadak, Olis Nurkholis, S.Sos, Selasa (14/11/2017) saat ditemui di lokasi bencana menuturkan, rumah milik Sandun Supena (89) yang dihuni bersama istrinya bernama Mimin (75), tersebut ambruk akibat dari guyuran hujan deras yang terjadi di wilayah tersebut.

Kepala Desa Cibadak, Olis Nurkholis, S.Sos, didampingi anngota TNI dari Koramil Banjarsari saat membersihkan puing-puing rumah seorang veteran/Foto: Baehaki Efendi

Diperparah lagi dengan kondisi rumah yang sudah tua, yang didirikan sejak Tahun 1965 tersebut hingga kini belum pernah ada perbaikan dan renovasi Waliyem (78) di Dusun Ngaliyan, RT 08 RW 05, Desa Nglipar, Kecamatan Nglipar, rata dengan tanah. Beruntung dalam musibah bencana tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Perangkat Desa Cibadak, anggota TNI dari Koramil Banjarsari, dibantu warga masyarakat sekitar, sejak pagi mengevakuasi barang milik korban dan bahan-bahan bangunan rumah yang masih bisa dimanfaatkan.

Baca juga: Curah Hujan di Sulses Bagian Utara 2.000 MM

Demi keselamatan dan kenyamanan korban bersama istri diungsikan ke rumah anaknya yang berada tidak jauh dari lokasi rumah korban yang ambruk tersebut.

“Untuk penanganan rumah korban nanti kami, akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya Pemerintah Kabupaten Ciamis,” ujar Olis.

Baca juga: Seminggu Hujan, Petani Jagung Sikka Bajak Lahan Pertanian

Olis, berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui Dinas Intansi terkait, bersama Pemerintahan Desa, secepatnya memberikan bantuan terhadap keluarga korban dan bersama-sama kembali membangun rumah yang roboh tersebut, sehingga korban bisa kembali menempati rumah yang rusak tersebut.

“Apalagi dia adalah seorang veteran, yang telah rela berjuang, mengorbankan jiwa dan raganya, demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, pada masa zaman penjajahan dulu,” tandasnya.

Komentar