Kapolres Ponorogo Kenalkan Wartawan Olahraga Tembak

PONOROGO – Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi, mengajak puluhan wartawan untuk belajar menembak dengan pistol jenis revolver di lapangan tembak Polsek Balong, Jumat (24/11/2017). Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini bisa mengumpulkan masyarakat umum guna menjalin keakraban.

“Sesuai arahan Kapolda Jatim, untuk mengumpulkan masyarakat dalam ruang terbuka, saya buat seperti ini,” jelasnya kepada Cendana News.

Diharapkan dengan suasana seperti ini juga bisa mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat terkait masalah lalu lintas. Bisa pula mendengar aspirasi masyarakat. Terutama mendekati operasi lilin menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya banyak yang melanggar lalu lintas. Pengamanan akhir tahun juga sama beratnya seperti saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Kompol Suseno W.A, AKP Edy dan Aiptu Dicky saat memberikan pengarahan/Foto: Charolin Pebrianti

“Seperti ini kan kami bisa mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif agar taat berlalu lintas, menjaga keamanan bersama,” ujarnya.

Selain itu ia juga berpesan jika ada anggota polisi yang tengah berada di kawasan konflik dan berpotensi membahayakan masyarakat umum, tanpa perlu perizinan langsung, anggota polisi tersebut dipersilakan menembak.

“Kalau anggota polisi melihat suasana konflik berbahaya, tanpa izin, anggota tersebut bisa langsung tembak,” terangnya.

Pengamanan paling penting, lanjutnya, jelang Pilkada Pemilihan Gubernur Jatim 2018 mendatang, masyarakat harus dilibatkan secara aktif sekaligus mengasah kemampuan menembak anggota polisi.

Suasana pengenalan olahraga tembak bagi wartawan/Foto: Charolin Pebrianti

“Terlebih lagi untuk menjaring atlet tembak Ponorogo, karena besok ada Kapolres Cup, lomba tembak disini juga diikuti masyarakat umum,” tuturnya.

Sesaat sebelum latihan tembak dimulai, ada Kompol Suseno W.A dan AKP Edy memberikan instruksi cara menembak bagi pemula. Tidak hanya diterangkan cara menembak, juga diajari memahami bagian-bagian pistol yang akan digunakan. Mulai dari laras, tempat amunisi silinder, gagang, penarik dan pelatuk. Tiap pistol diisi tiga peluru menuju sasaran bidik, jika tepat kena lingkaran ada poin yang bisa dijumlah untuk menentukan juara.

Lihat juga...