Kartu Nelayan Penting untuk Asuransi

MANADO – Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Manado, mengarahkan para nelayan setempat membuat kartu khusus nelayan, untuk kepentingan pembuatan asuransi.

“Kami mengarahkan pembuatan kartu nelayan, supaya dapat membuat kartu asuransi yang dapat diklaim sewaktu-waktu ketika ada sesuatu yang terjadi saat melaut,” kata Kepala DPKP Manado, Nolfie Talumewo, di Manado, Minggu  (5/11/2017).

Nolfie mengatakan, sudah ada 350 nelayan Manado yang membuat kartu khusus tersebut, dengan syarat KTP elektronik mereka harus mencantumkan pekerjaan sebagai nelayan demikian juga di KK.

Menurut Nolfie, sudah ada beberapa rekomendasi yang diterbitkan DPKP dan ditandatangani untuk klaim asuransi nelayan dan semuanya dapat, karena memenuhi syarat yang ditetapkan tersebut.

Dia juga mengatakan, para nelayan membayar sendiri asuransinya, tetapi untuk bisa menjadi peserta harus memiliki kartu itu, sehingga pihaknya terus memberikan dorongan dan arahan agar diikuti.

“Mengenai klaim asuransi itu, wajib membawa rekomendasi dari DPKP, sebagai bukti bahwa mereka adalah nelayan di Kota Manado,” katanya.

Mengenai penerbitan kartu nelayan, kata Nolfie diterbitkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara. “Itu adalah untuk kepentingan nelayan juga maka kami mengarahkan mereka melakukannya, supaya bisa mengklaim asuransi jika ada masalah ketika melaut,” katanya.

Dia mengatakan, rata-rata nelayan yang membuat kartu itu adalah yang berada di pesisir Utara Manado, termasuk yang berada di Pulau Manado Tua, Bunaken dan Siladen. (Ant)

Lihat juga...