Kini Ada Taman Penitipan Anak di Balai Kota Depok

Editor: Irvan Syafari

72
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, memberikan sambutan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Bunda Elly Farid, pada peresmian TPA Mawaddah dan Puspaga Harmoni. Foto: Makmun Hidayat.

DEPOK — Para aparatur sipil negara (ASN) dari segenap organisasi perangkat daerah (OPD), terutama yang berkantor di lingkungan Balai Kota Depok, tak perlu repot dan dipusingkan apalagi kawatir lantaran anak-anak ditinggal bekerja. Mulai hari ini telah tersedia tempat penitipan anak di tempat mereka beraktivitas.

Pemerintah Kota Depok melalui Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) telah mendirikan tempat penitipan anak bernama Taman Penitipan Anak (TPA) Mawaddah dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Harmoni.

TPA dan Puspaga tersebut diresmikan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Senin (13/11/2017) siang, ditandai dengan pengguntinga pita di pintu masuk TPA Mawaddah dan Puspaga.

Dengan berdirinya tempat penitipan anak itu, Mohammad Idris menyebutkan secara perlahan namun pasti terus melengkapi sarana dan prasarana untuk Kota Layak Sehat.

“Kita merangkak secara perlahan tapi pasti, melengkapi sarana dan prasarana untuk Kota Layak Sehat. Ini kita mulai dari pemenuhan kebutuhan anak layak sehat,” kata Idris kepada wartawan, seusai peresmian.

Dikatakan Idris, ini memang sudah diamanatkan undang-undang juga, bahwa penyediaan penitipan anak adalah bagian dari perhatian pemerintah daerah terhadap pelayanan seperti itu. Selain itu,sebut Idris, tenyata ketika pegawai kita bekerja, khususnya ibu-ibu yang bapaknya juga bekerja perlu adanya tempat penitipan anak.

Ke depan, lanjut Idris, di lembaga atau tempat lain bisa juga buat tempat penitipan anak. TPA Mawadah yang berlokasi di Gedung Dibaleka II Lantai 1 itu, sebut Idris, diperuntukan bagi ASN yang bekerja di lingkungan Balai Kota Depok, tidak hanya untuk OPD tertentu.

“Ini untuk awal saja, kalau tidak cukup tempatnya kita carikan tempat yang lain,” komit Wali Kota Depok.

TPA Mawaddah, dikatakan Idris khusus untuk balita, yakni usia 3 bulan hingga 2 tahun. Di tempat penitipan anak juga ada pelayanan psikologi dan kesehatan. Ada psikolog dan dokternya.

“Barangkali ada yang mau dikonsultasikan,” ujar Idris seraya mengatakan tempat penitipan anak tersebut dalam penyelenggaraan kegiatan dan pelayanan juga bekerjasama dengan Dharma Wanita.

Idris menambahkan, di antara pendukung pilar ketahanan keluarga adalah tentang bagaimana para keluarga ini bisa memahami tentang paradigma konseptual keluarga.

“Nah ini tidak semuanya, orang bisa memahami seperti ini. Penyediaan tempat penitipan anak, khususnya untuk ASN juga perlu lebih memahami pendalaman masalah keluarga. Jadi jangan sampai asyik bekerja, lalu lupa tentang perannya dalam keluarga,” tegas Idris.

Komentar