KPU Manado Teliti Berkas Parpol

MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, masih terus melakukan penelitian administrasi terhadap partai politik (Parpol) yang mendaftar sebagai peserta pemilu 2019.

“Penelitian administrasi adalah tahapan lanjutan, dan sementara kami lakukan sampai batas waktu yang ditetapkan,” kata Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor, di Manado, Minggu (5/11/2017).

Dia mengatakan, tim KPU melakukan pemeriksaan terhadap berkas yang dimasukkan, yakni KTA, apakah sesuai dengan data dalam Sipol atau tidak, apakah penduduk asli Manado, tidak ada data ganda dan sebagainya.

Sejauh ini, kata Wowor, memang sudah ada yang ditemukan bermasalah, maka pengurus Parpol diundang untuk melakukan perbaikan data, sekaligus mengklarifikasi jika ada kepengurusan atau keanggotaan ganda.

Selain itu, kata Wowor, pihaknya juga melakukan penelitian terhadap dokumen kepemilikan gedung sekretariat partai, apakah milik sendiri ataukah hanya disewa atau dipinjam pakai. “Jika milik sendiri, kami harus melihat bukti kepemilikan, sedangkan kalau disewa juga harus ada perjanjian sewa-menyewa juga jika dipinjam pakai harus ada bukti peminjaman,” katanya.

Semua tahapan tersebut, kata Wowor, harus dilewati termasuk rekening Parpol untuk memastikan, semua dokumen yang diserahkan pada saat mendaftar itu benar dan tidak ada data palsu.

Menurut Wowor, setelah tahapan ini, maka akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual, karena itu jika ada yang masih kurang dan tidak sesuai maka KPU mengajak seluruh pengurus partai melakukan perbaikan, agar tidak ada yang terganjal. (Ant)

Lihat juga...