Kuwait Kutuk Keras Pemboman Pipa Minyak Di Bahrain

43
Ilustrasi Bendera Kuwait - Foto: Dokumentasi CDN

KUWAIT CITY – Kuwait mengutuk dengan keras aksi pemboman terhadap pipa saluran minyak yang terjadi di Bahrain. Aksi tersebut dinilai sebagai upaya terror untuk mengganggu keamanan di Bahrain.

“Kuwait menolak aksi teror ini yang bertujuan merusak keamanan dan kestabilan Kerajaan Bahrain, serta meneror warga sipil,” sebut pernyataan resmi dari Kemnterian Luar Negeri Kuwait, Minggu (12/11/2017) .

Pemboman pipa saluran minyak tersebut dinilai hanya akan meningkatkan tekad Bahrain untuk menghadapi siapa pun yang ingin merusak kestabilan serta keamanannya. Kuwait, menolak semua bentruk kekerasan dan aksi teror, mendukung tindakan yang dilakukan oleh Bahrain untuk memelihara kestabilan serta keamanannya.

Satu pipa minyak meledak di Desa Buri di Bahrain pada Jumat (10/11/2017) malam. Menteri Dalam Negeri Bahrain Shaikh Rashid bin Abdullah Al Khalifa menyebut kejadian tersebut adalah aksi pengrusakan dan aksi kejahatan serius yang ditujukan untuk membahayakan keselamatan rakyat dan kepentingan negara.

Pemerintah Bahrain pada Sabtu menyatakan ledakan pipa saluran minyak di Desa Buri tersebut adalah aksi teror yang memiliki hubungan dengan Iran. Shaikh Rashid bin Abdullah Al Khalifa langsung mengunjungi lokasi kejadian beberapa jam setelah ledakan.

“Bukti yang dikumpulkan oleh tim pemeriksa mengkonfirmasi bahwa ini adalah tindakan terencana yang dilakukan oleh pelaku teror dengan maksud merusak keamanan kerajaan ini,” kata Menteri Dalam Negeri Bahrain tersebut di dalam satu pernyataan pada Sabtu (11/11/2017).

Tim pertahanan sipil, yang bekerjasama dengan tim keselamatan dan keamanan Perusahaan Minyak Bahrain, memadamkan api di pipa saluran minyak itu. Proses pendinginan untuk menghilangkan resiko api menyala lagi sudah selesai dilakukan. “Ini adalah contoh paling akhir mengenai aksi teror yang dilakukan oleh pelaku teror berdasarkan kontak langsung dengan, dan di bawah instruksi dari Iran,” Shaikh.

Jaksa Umum pemerintah setempat telah diberitahu mengenai peristiwa itu bahwa dinas keamanan telah memulai penyelidikan mengenai penyebab peristiwa tersebut. Penyelidikan lebih lanjut saat ini sedang berlangsung untuk mengidentifikasi para pelaku dan menyeret mereka ke pengadilan. Kementerian Dalam Negeri Bahrain menyatakan tak ada orang yang dilaporkan cedera dan penyelidikan mengenai peristiwa tersebut sedang dilakukan. (Ant)

Komentar