Marliana, Melaju ke Olimpiade Bahasa Jerman Nasional

Editor: Satmoko

312
Maria Marliana (kiri), siswi semester III Program Studi Bahasa SMAK Frateran Maumere (SMATER). Foto: Ebed de Rosary

MAUMERE – Maria Marliana, siswi semester III Program Studi Bahasa SMAK Frateran Maumere (SMATER) patut merasa bangga karena mewakili NTT dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan Januari 2018 mendatang.

“Untuk wilayah Flores dan Lembata diambil peringkat tiga terbaik untuk lolos ke nasional, sedangkan wilayah Timor dan Sumba diambil dua terbaik untuk ke tingkat nasional. Jadi untuk NTT akan diwakili oleh 5 peserta terbaik untuk ke Olimpiade Bahasa Jerman tingkat nasional,” sebut Frater M. Polikarpus, BHK, SE, M.Pd kepada Cendana News, Kamis (16/11/2017).

Kepala sekolah SMAK Frater (SMATER) Maumere ini menambahkan, dalam olimpiade bahasa Jerman yang akan dilaksanakan di Jakarta pada Januari mendatang itu, akan diambil 6 peserta terbaik untuk ke Jerman dan lima belas terbaik untuk mengikuti olimpiade bahasa Jerman tingkat Asia Pasifik.

Peserta lomba Olimpiade Bahasa Jerman tingkat SMA/MA sedaratan Flores dan Lembata. Foto: Ebed de Rosary

Marliana, kepada Cendana News mengaku, begitu kaget dan bangga ketika juri mengumumkan hasil Olimpiade Bahasa Jerman antar SMA/MA se-daratan Flores dan Lembata, karena namanya masuk dalam posisi tiga besar. Olimpiade tersebut dilaksanakan di Ende pada 9 November yang lalu.

Antara percaya dan tidak sebut Mariana, karena menurutnya, banyak pesaing yang berasal dari sekolah-sekolah yang hebat. Dalam olimpiade tersebut, Marliana bersama dua temannya dari Ende masuk di posisi 3 besar sehingga ketiganya berhak lolos ke olimpiade bahasa Jerman tingkat nasional.

“Saya tidak menduga bisa meraih prestasi yang membanggakan ini. Hasil ini membuat saya semakin bangga dan percaya diri untuk terus meraih prestasi yang lebih baik,” kata gadis kelahiran Bandung, 12 Agustus 2001 tersebut.

Menurut Marliana, pilihannya tepat untuk bersekolah di SMAK Frateran Maumere karena prestasi demi prestasi terus ditorehkan lembaga pendidikan yang dikelola para biarawan dari Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus. Mulai tingkat regional, nasional maupun internasional.
Selain itu, lanjutnya, frater kepala sekolah dan bapak ibu guru juga selalu memberikan ruang dan waktu kepada anak didik untuk terus berkreasi. Sebelum mengikuti Olimpiade Bahasa Jerman tingkat nasional pada Januari yang akan datang, dirinya terlebih dahulu akan mengikuti kursus di Surabaya.

“Frater Poly selaku kepala sekolah SMATER telah mempersiapkan semua ini dengan baik. Rencananya sekitar 2 minggu saya akan mengikuti kursus di sana,” jelas puteri pasangan Kasianus Kasian dan Fransiska Herawati ini dengan bangga.

Marliana mengaku, siap dibentuk oleh para tutor bahasa Jerman di Surabaya dan siap untuk memberikan yang terbaik untuk NTT, Sikka, dan sekolahnya SMAK Frateran Maumere. Ia pun meminta doa dan support.

“Mohon doa dan support, semoga saya bisa meraih yang terbaik di tingkat nasional dan bisa mengharumkan nama sekolah, Kabupaten Sikka dan Provinsi NTT,” pungkas alumni SMPK Frateran Maumere tersebut.

 

Komentar