Mengingat Leluhur, Prabowo Ziarah ke Makam Raja Imogiri

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

138
Prabowo Subiyanto saat melakukan ziarah ke makam raja-raja Imogiri Bantul/Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA — Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto melakukan ziarah ke makam raja-raja Mataram di kompleks Pajimatan Imogiri, Bantul, Senin, (13/11/2017).

Prabowo datang bersama rombongan sekitar pukul 14.30 WIB. Ia nampak sudah menggunakan baju Jawa pranakan begitu turun dari mobil.

Baca juga: Anies-Sandi Dapat Wejangan Dari Prabowo

Prabowo yang datang melalui pintu timur, langsung menuju kompleks utama makam Pajimatan Imogiri yakni tempat disemayamkannya Raja Mataram, Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Ia nampak disambut sejumlah pejabat setempat mulai dari Bupati Bantul, pengurus partai Gerindra DPD DIY, hingga keluarga keraton Yogyakarta.

“Hanya kunjungan pribadi saja. Untuk mengingat leluhur. Mengingat sejarah,” ujarnya singkat kepada wartawan.

Sementara itu sekretaris DPD Gerindra DIY, Dharma Setiawan, mengatakan Prabowo datang ke Imogiri untuk melakukan ziarah kepada leluhur karena yang bersangkutan merupakan keturunan trah dari Sultan Hamengkubuwono ke II.

“Beliau kan masih trah dari Hamengkubuwono II. Jadi kesini untuk ziarah. Selain ke Imogiri, tadi juga ke Makam Kotagede,” katanya.

Dikatakan Dharma, Prabowo memang sudah beberapa kali melakukan ziarah ke Imogiri meski tidak rutin datang setiap tahun.

Prabowo Subiyanto saat melakukan ziarah ke makam raja-raja Imogiri Bantul/Foto: Jatmika H Kusmargana

Saat ditanya apakah kedatangan Prabowo ada kaitannya dengan Pilpres 2019, Dharma menolak hal tersebut. Ia hanya menyebut kedatangan ke Imogiri murni untuk melakukan ziarah saja.

“Pilpres kan masih dua tahun lagi. Sekarang ziarah dulu. Kenapa dilakukan saat ini karena evisiensi waktu. Kebetulan tadi pagi diundang oleh Amien Rais dalam sebuah acara. Sehingga sekalian, setelah dari sana langsung ke sini,” ujarnya.

Baca juga: SBY-Prabowo Beberkan Hasil Pertemuan di Cekeas

Prabowo sendiri juga hanya tersenyum saat ditanya hal serupa. Ia menepis hal itu lantas pergi masuk ke komplek makam.

Komentar