Mensos: Harus Mampu Selami Kemauan Kids Zaman Now

Editor: Satmoko

57
Mensos RI Khofifah Indar Parawansa. Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menilai para orangtua dan guru harus mampu menyelami kehidupan kids zaman now yang menjadi sebutan populer bagi generasi muda saat ini.

Hal itu diperlukan agar tidak muncul jarak yang seolah memisahkan antara remaja dan orang tua maupun gurunya. Pasalnya orang tua dan guru dinilai merupakan pihak-pihak yang berperan penting dalam membimbing dan memengaruhi perilaku generasi muda dan remaja saat ini.

“Orang tua maupun guru harus mau menyelami Kids Zaman Now. Karena saat ini kita memasuki generasi baru, dengan kultur baru, dan pikiran-pikiran baru. Jangan berjarak dengan mereka,” kata Mensos di Yogyakarta, menanggapi banyaknya perilaku menyimpang di kalangan remaja saat ini.

Mensos mengatakan, banyaknya perilaku penyimpangan di kalangan remaja, dapat muncul karena adanya sifat imitatif atau meniru yang biasa muncul di usia mereka. Pada saat bersamaan muncul tekanan sosial yang mendorong mereka agar tidak dianggap kuper atau tidak gaul.

“Kalau tidak melakukan, mereka dianggap tidak gaul. Karena itu para ‘Generasi Zaman Now’ harus punya panduan. Yakni orangtua, guru dan lingkungan,” katanya, Rabu (15/11/2017).

Dengan mampu menyelami generasi muda dan remaja saat ini, para orang tua dan guru diharapkan mampu melihat setiap perubahan perilaku, sikap maupun afiliasi kelempok yang terjadi di antara mereka. Dengan begitu, perilaku yang mengarah ke hal negatif, di kalangan remaja dapat dihindari.

Komentar