Mesir Ditahan Imbang Ghana 1-1

43
Logo Piala Dunia 2018.- Dokumentasi CDN

ACCRA – Pemain Ghana Edwin Gyasi mencetak gol internasional perdananya ketika mereka bangkit dari ketertinggalan untuk menahan Mesir dengan skor imbang 1-1 pada pertandingan terakhir di kualifikasi zona Afrika grup E, Minggu (12/11/2017). Sebelumnya Mesir telah memastikan diri lolos ke Piala Dunia.

Ghana, yang berpartisipasi pada tiga Piala Dunia terakhir, menyelesaikan kualifikasi dengan hanya satu kemenangan dari enam pertandingan grup mereka dan finis mengecewakan di peringkat ketiga di klasemen grup di bawah Mesir dan Uganda.

Pemain Mesir Mahmoud Shkibala membuka gol melalui tembakan kaki kirinya pada menit ke-62, namun penyerang kelahiran Belanda Gyasi menyamakan kedudukan dua menit kemudian melalui sepakan yang terdefleksi dari luar kotak penalti. Ini merupakan penampilan timnas kedua bagi Gyasi (26), yang bermain di klub di Norwegia.

Mesir mengamankan tiket untuk turnamen akbar tahun depan di Rusia ketika mereka mengalahkan Kongo di Aleandria bulan lalu. Itu akan menjadi penampilan perdana mereka di Piala Dunia sejak partisipasinya pada 1990 di Italia.

Sementara itu Swiss memastikan lolos ke Piala Dunia tahun depan. Ini adalah gelaran putaran final untuk keempat kalinya secara beruntun bagi mereka. Kepastian lolosnya Swiss diperoleh setelah bermain imbang tanpa gol dengan tamunya Irlandia Utara pada Minggu (12/11/2017).

Swiss lolos berkat menang agregat 1-0, pada laga yang ditentukan oleh penalti kontroversial Ricardo Rodriguez pada leg pertama di Belfast. Swiss sebenarnya mampu lolos dengan lebih meyakinkan, ketika mereka mendominasi pada 60 menit pertama namun para pemain masih belum mampu mengkonfersikan peluang menjadi gol untuk timnya.

Namun, di atas lapangan yang licin, mereka lepas kendali pada bagian akhir pertandingan dan Rodriguez menyelamatkan Swiss dengan menyapu bola menggunakan sundulan kepala di garis gawang pada fase akhir laga.

Ditempat terpisah, Kroasia memastikan diri melaju ke putaran final Piala Dunia tahun depan. Kepastian tersebut menyusul hasil imbang tanpa gol dengan Yunani pertandingan playoff leg kedua mereka. Hasil ini membuat Kroasia menang agregat 4-1. (Ant)

Komentar