Lebaran CDN

Nelayan Mukomuko Butuh Bantuan Perahu

MUKOMUKO – Mayoritas nelayan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membutuhkan bantuan perahu lengkap dengan mesin tempel dan jaring untuk mengganti pukat trawl.

“Nelayan setempat saat ini membutuhkan bantuan, baik perahu, mesin tempel dan jaring untuk mengganti pukat trawl,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, di Mukomuko, Sabtu (12/11/2017).

Ia mengatakan hal itu usai melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait aturan yang melarang menggunakan pukat trawl di perairan laut di daerah itu.

Instansinya melakukan sosialisasi kepada nelayan di Kecamatan Kota Mukomuko dan Teramang Jaya, pascaberakhirnya masa transisi penggunaan pukat trawl dalam tahun ini.

Ia juga mengatakan, sebagian kelompok usaha bersama nelayan yang mendapat bantuan perahu, mesin tempel dan jaring tidak lagi menggunakan pukat trawl.

Selain itu, nelayan lainnya juga meminta bantuan komplit perahu, mesin tempel dan jaring untuk mengganti pukat trawl. “Nelayan setempat yang menggunakan jaring merasakan hasil tangkapannya tidak jauh berbeda ketika menggunakan pukat trawl,” ujarnya.

Ia menyatakan, instansinya pada 2018 tidak ada anggaran untuk pengadaan berbagai sarana perikanan tangkap untuk nelayan. Ia berharap, pada 2018 ada bantuan sarana perikanan tangkap berupa perahu, mesin tempel dan jaring dari pemerintah pusat.

“Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kelautan setempat tahun ini membeli sebanyak 20 unit perahu lengkap dengan mesin tempel dan jaring untuk kelompok usaha bersama nelayan”, katanya. (Ant)

Lihat juga...