Peluang Retribusi Tinggi, 2018 Dishub Balikpapan Tambah Parkir Meter

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

36

BALIKPAPAN — Tingginya peluang perolehan retribusi parkir dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melelalui sektor perparkiran, Dinas Perhubungan Balikpapan berencana menambah alat parkir meter di beberapa titik di 2018 nanti. Usulan penambahan telah disetujui dalam RAPBD 2018.

Baca juga: Tarif Parkir Sekaten Disesuaikan Perda

Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana menjelaskan, rencananya tahun 2018 akan ada penambahan parkir meter sedikitnya tiga alat di tiga lokasi.

“Nanti tiga lokasi yang dipasang itu akan dihitung kembali mana yang paling berpotensi dan dari sisi keamanan mendukung. Anggaran kita atur sedemikian untuk mencukupi kebutuhan dinas, nanti dilihat berapa alat cukupnya,” ungkapnya usai rapat pembahasan anggaran APBD 2018, Senin (13/11/2017).

Menurutnya, satu unit alat parkir meter berkisar Rp130 juta termasuk ongkos kirim.

“Nanti melalui e-katalog bukan lelang,” sebutnya.

Baca juga: Wawako Balikpapan: Sebaiknya Gedung Parkir Dialihkan Pemanfaatan untuk DPRD

Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana/Foto : Ferry Cahyanti

Tahun ini, Dishub telah memasang tujuh unit alat di kawasan Gunung Sari Ilir jalan Ahmad Yani, yang kini tengah dilakukan pemasangan integrator dengan perbankan mengingat pola pembayaran menggunakan uang elektronik.

“Semua ada tahapannya, dan sesuai perencanaan. Integrator yang dipasang nanti yang melakukan koneksi dengan beberapa bank yang bersedia kerjasama pembayaran parkir,” pungkas mantan Kabag Humas Kota Balikpapan.

Lanjutnya, setelah integrator terhubung maka akan dilakukan sosialisasi dan harapannya Januari 2018 sudah dapat beroperasi.

Selain itu, pihaknya mengatakan sejak berlakukanya Perda 5 Tahun 2017 tentang Revisi Retribusi Jasa Umum pada Oktober lalu maka tarif parkir berubah dan besaran disesuaikan dengan zonasi.

“Zona A merupakan kawasan termahal diberlakukan tarif parkir. Jalan yang padat kendaraan, kemudian kalau orang parkir menyebabkan gangguan kelancaran lalu lintas,” tandasnya yang enggan menyebutkan tarif parkir baru.

Baca juga: Pajak Parkir Manado Capai Rp6,88 Miliar

Sebelumnya tarif retribusi parkir yang dikelola dishub untuk kendaraan bermotor roda dua Rp 1.000, sedangkan mobil Rp2.000.

Komentar