Persaingan Juara Umum Peparpenas Masih Panas

62
Kontingen Peparpenas VIII DIY resmi dilepas, Kamis (9/11/2017). DIY turun di emopat cabor dari enam yang dipertandingkan/ Foto: Sodik.

SOLO – Persaingan untuk meraih juara umum Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII 2017 masih panas. Papan kelasemen perhelatan yang berlangsung 11-13 November di Solo, masih dipenuhi dengan persaingan ketat.

Hingga hari kedua, Minggu, kontingen Jawa Tengah masih memimpin untuk sementara dengan 23 medali yang terdiri dari 12 emas, 3 perak dan 8 perunggu. Perolehan tersebut berasal dari enam cabang olahraga yang telah dipertandingkan.

Potensi untuk menyandang status sebagai juara umum memang besar digenggam kontingen Jawa Tengah, akan tetapi, posisi tersebut masih belum aman karena sejumlah provinsi masih menguntit di belakangnya dengan ketat.

Jawa Timur yang berada di urutan dua mengemas sembilan emas yang sama dengan Jawa Barat. Dibarisan berikutnya ada Papua dengan tujuh emas serta Jambi dan Riau dengan enam emas. Jawa Barat yang di gelaran tahun 2015 menjadi runner-up masih memiliki kepercayaan diri tinggi untuk menjadi juara umum.

“Kami masih yakin bisa menjadi juara umum tahun ini, karena selain tahun lalu menjadi runner-up, kami juga telah melakukan pemusatan latihan yang cukup sehingga diharapkan peak performanya ada di saat pertandingan, terlebih masih ada satu hari lagi,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Yudha M Saputra, Minggu (12/11/2017).

Keyakinan tersebut juga tidak lepas dari pemilihan pemain yang disebutnya sebagai potensi-potensi terbaik di tatar Pasundan melalui seleksi untuk mewakili daerah. “Keyakinan kami juga karena tim ini dibentuk dengan melibatkan atlet-atlet yang berasal dari seluruh Jawa Barat melalui seleksi yang kami lakukan sebelum dipusatkan untuk berlatih di Bandung,” tandasnya.

Hingga hari kedua ini, kontingen Jawa Barat meraih medali emas melalui lumbungnya di cabang olahraga renang dengan tujuh emas dan ditambah dua emas di atletik. Jawa Barat mengaku telah menyiapkan bonus untuk para atlet berprestasi dalam Peparpenas VIII 2017 sebagai penyemangat atlet-atletnya untuk berprestasi di ajang dua tahunan ini.

“Bonus ada, ini sesuai dengan komitmen pemerintah provinsi untuk memberikan penghargaan pada atlet berprestasi. Besarannya belum bisa kami sebutkan tapi cukup,” ujar Yudha. (Ant)

Komentar