PSSI Antisipasi Pencurian Umur di Liga 3

60
Ilustrasi/Foto: Dokumentasi CDN.

JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengantisipasi praktik pencurian umum di kompetisi amatir Liga 3 yang sudah akan masuk ke babak playoff dan putaran final nasional.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, pihaknya tidak ingin kejadian seperti di Piala Soeratin kategori U-17 2017 beberapa waktu lalu terulang kembali. Ketika itu, Persiter Ternate U-17 terpaksa didiskualifikasi karena menurunkan pemain dengan usia tidak sesuai regulasi.

“Kami pasti akan memberlakukan pemantauan administrasi secara berlapis. Data-data itu nantinya kami cek silang dengan data yang ada ketika mereka ikut dalam kompetisi tingkat regional,” ujar Ratu Tisha, Selasa (14/11/2017).

Liga 3 sendiri memiliki aturan atau regulasi yang mewajibkan setiap tim diperkuat pemain dengan usia 23 tahun ke bawah atau U-23. Namun, setiap tim juga berhak menggunakan tiga orang pemain berusia lebih tua dengan maksimal umur 30 tahun.

Terkait Liga 3, babak playoff yang diikuti 24 tim peserta akan dilaksanakan pada 28-30 November 2017 di empat kota yaitu Semarang, Kendal, Jepara dan Kudus. Sementara putaran final akan dilangsungkan pada 3-17 Desember 2017. Tahap ini diikuti delapan tim terbaik di playoff ditambah 24 tim yang lolos langsung ke putaran final nasional.

“Liga 3 ini adalah cerminan sepak bola rakyat kita. Kompetisi inilah yang benar-benar menyentuh rakyat Indonesia dan menjadi persiapan tim-tim amatir menuju kancah profesional,” kata Ratu Tisha.

Pengundian untuk menentukan grup babak playoff dan putaran final Liga 3 sudah dilangsungkan di Kantor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta. Pengundian dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono dan Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

Hasilnya, sebanyak 24 tim playoff dan 24 tim yang langsung lolos ke putaran final masing-masing dibagi dalam delapan grup, dari Grup 1 sampai Grup 8, dari Grup A sampai Grup H.

Di babak playoff Liga 3, Grup 1 akan diisi oleh Persibeng Bengkayang (berasal dari Kalimantan Timur), PS Matra Mamuju Utara (Sulawesi Barat) dan PS Belitung Timur (Bangka Belitung). Grup 2 akan diisi oleh PS Benteng (Bengkulu), Aceh United (Aceh) dan Pelauw Putra (Maluku). Pertandingan di Grup 1 dan 2 playoff akan digelar di Stadion Citarum, Semarang, Jawa Tengah.

Berikutnya di Grup 3 ada Patriot Chandrabaga (Jawa Barat), PES Pessel (Sumatera Barat) dan Gadjah Mada FC (DI Yogyakarta). Grup 4 beranggotakan Persidago (Gorontalo), Persitangsel (Banten) dan Persegumas (Kalimantan Tengah). Pertandingan di Grup 3 dan 4 akan digelar di Stadion Kebondalem, Kendal, Jawa Tengah.

Grup 5 terdiri atas Persipal Palu (Sulawesi Tengah), Persiter Ternate (Maluku Utara) dan PS Balangan (Kalimantan Selatan). Grup 6 diisi oleh Persintan Intan Jaya (Papua), PS Bintan (Kepulauan Riau) dan PSKT Sumbawa Barat (Nusa Tenggara Barat). Laga Grup 5 dan 6 nantinya dilangsungkan di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jawa Tengah.

Grup 7 diisi oleh Persekaba Bali (Bali), Sakai Sambayan FC (Lampung) dan Persijam Jambi (Jambi). Terakhir dengan Grup 8 beranggotakan Bintang Kranggan (DKI Jakarta), Persimura (Sumatera Selatan dan PS Keluarga USU (Sumatera Utara). Grup 7 dan 8 akan bertanding di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah.

Sementara untuk final pembagian group dihasilkan di Grup A ada PSDS Deli Serdang (Sumatera Utara), Kuala Nangroe Aceh (Aceh), Persewar Waropen (Papua) dan juara playoff Grup 1. Grup B ada PSKC Cimahi (Jawa Barat), Perseban Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Persibo Bojonegoro (Jawa Timur) dan juara playoff Grup 2. Laga-laga putaran final Grup A dan B dilaksankan di Stadion Citarum, Semarang, Jawa Tengah.

Grup C beranggotakan Maung Anom FC Bandung (Jawa Barat), Persik Kendal (Jawa Tengah), Villa 2000 B (DKI Jakarta) dan juara playoff Grup 3. Grup D diisi oleh Deltras Sidoarjo (Jawa Timur), Batang Anai FC (Sumatera Barat), Persebit Bitung (Sulawesi Utara) dan juara playoff Grup 4. Semua partai di Grup C dan D dilangsungkan di Stadion Kebondalem, Kendal, Jawa Tengah.

Grup E ada Bank Sulut (Sulawesi Utara), PS AD Balikpapan (Kalimantan Timur), Persse Ende (Nusa Tenggara Timur) dan juara playoff Grup 5. Grup F diisi Nabil FC (Riau), Persilat Lampung Tengah (Lampung), Satria Adikarta Kulonprogo (DI Yogyakarta) dan juara playoff Grup 6. Laga-laga di Grup E dan F digelar di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jawa Tengah.

Di Grup G ada Persidrap Sidrap (Sulawesi Selatan), Pelangi Intimung (Kalimantan Utara), Persekabpas Pasuruan (Jawa Timur) dan juara playoff Grup 7. Terakhir di Grup H ada Persis Gotong Royong Solo (Jawa Tengah), Bangka Selection (Bangka Belitung), Blitar United FC (Jawa Timur) dan juara playoff Grup 8. Pertandingan Grup G dan H semuanya berlangsung di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah.

Liga 3 merupakan kompetisi amatir yang berada di bawah naungan PSSI. Peringkat tiga besar turnamen akan naik ke Liga 2 dan menjadi tim profesional. (Ant)

Komentar