Tepung Kelapa Sulut Tembus Pasar Kosta Rika

42
Ilustrasi kelapa - Foto: Dokumentasi CDN

MANADO – Komoditas tepung kelapa produksi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menembus pasar Kosta Rika negara bagian Amerika. Hal tersebut menandakan produk tersebut makin diminati dunia.

Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw mengatakan, Kosta Rika merupakan negara baru tujuan ekspor tepung kelapa Sulut. Volume ekspor tepung kelapa ke Kosta Rika mencapai 26 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 58.760 dolar Amerika Serikat (AS).

“Saya berharap pasar luar negeri akan terbuka terus dengan produk tepung kelapa,” jelasnya, Senin (13/11/2017).

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin mengatakan, perlu dilakukan pengawalan produksi untuk menjaga kualitas produk tepung kelapa. Untuk itu pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan edukasi kepada pengekspor dan petani agar mempertahankan kualitas dan kuantitas produk.

“Pasar Amerika sangat sulit ditembus, makanya kesempatan ini harus dimanfaatkan dan dijaga dengan baik, oleh pengekspor Sulut,” jelasnya.

Makin banyak pasar tujuan ekspor tepung kelapa asal Sulut, maka kesejahteraan masyarakat dan devisa bagi negara semakin besar. Pihaknya akan terus memfasilitasi mencari pasar baru, dan memberikan kemudahan bagi pengekspor dalam mengurus berkas kegiatan ekspor impor.

Kosta Rika adalah negara terkecil kedua di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Nikaragua di sebelah utara, Panama di selatan-tenggara, Samudra Pasifik di barat dan selatan, dan Laut Karibia di timur. Kosta Rika merupakan negara pengonsumsi gula terbanyak di dunia. Tahun 1980, konsumsi rata-rata per jiwa lebih dari 65 kg yang berarti tiap orang makan 1,7 ons gula per hari.

Negara ini memiliki tingkat politik paling aman di kawasannya. Dibandingkan dengan negara-negara Amerika Latin lainnya, Kosta Rika unggul dalam pendapatan per kapita. Hasil utama negara yang wilayahnya yang memiliki luas 51.100 km persegi tersebut  kopi. (Ant)

Komentar