Tingkatkan Wasdal Perizinan, Balikpapan Luncurkan Sandi Netters

BALIKPAPAN – Upaya meningkatkan pengawasan dan pengendalian (wasdal) perizinan, Kota Balikpapan manfaatkan sistem penyampaian salinan dokumen perizinan/non perizinan yang terbit dan data masa berlaku izin berbasis website atau yang disebut Sandi Netters. Sandi Netters ini baru saja diluncurkan Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) pada Kamis (9/11/2017).

Sandi Netters merupakan pemanfaatan teknologi informasi yang diterapkan DPMPT guna memudahkan dan mempercepat proses penyampaian salinan dokumen dan data masa berlaku izin ke perangkat daerah teknis.

“Setelah dokumen diterima, mereka (perangkat daerah teknis) dapat langsung melakukan pengawasan dan pengendalian perizinan,” kata Kepala DPMPT Kota Balikpapan Elvin Junaidi, Kamis (9/11/2017).

Elvin menjelaskan, selama ini penyampaian salinan dokumen perizinan dilaksanakan secara manual, yakni dalam bentuk hard copy dan dikirim secara door to door ke perangkat daerah.

“Memang dalam pengiriman seperti itu akan memakan waktu, biaya, dan menambah beban kerja pegawai,” akunya.

Kendati demikian dengan sistem Sandi Netters, dikatakan Elvin, penyampaian dokumen dilaksanakan dengan mudah dan cepat dalam bentuk soft copy melalui website sehingga tindak lanjut dalam pengawasan dan pengendalian perizinan dapat segera lakukan.

Elvin menambahkan, Sandi Netters adalah penyampaian salinan dan data masa berlaku izin yang mendukung peningkatan pengawasan dan pengendalian OPD teknis yang lebih mengedepankan kerahasiaan data perizinan. Sehingga data perizinan hanya dapat diakses oleh perangkat daerah yang bersangkutan saja.

“Perangkat daerah lain tidak dapat membuka sistem ini, karena untuk mengakses sistem ini diperlukan password tertentu sehingga keamanan dan kerahasiaan data perizinan dapat terjamin,” tutupnya.

Lihat juga...