10 Daerah di Sumbar Ambil Bagian di Pra Porprov 2018

PADANG PARIAMAN — Sepuluh daerah yang tergabung pada cabang olahraga Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) yang berasal dari kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar) ikut berlaga pada pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar 2018.

Sekretaris Umum PODSI Sumbar Eri Barlian mengatakan lomba pada Pra Porprov kali ini akan berpacu pada jarak 400 meter yang berada di Muara Pantai Tiram, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, yang diikuti atlet putra dan putri.

Kategori dayung yang dilombakan yakni dragonboat, rowing, dan canoeing. 10 daerah yang turut terlibat yakni dari Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Payakumbuh, Solok Selatan, Dharmasraya, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Kota Padang, dan Kabupaten Agam.

“Sebenarnya rencana awal para atlet dayung akan berpacu dengan jarak 500 meter. Namun, kondisi air di dekat muara mulai surut, maka ditetapkan jarak pacuan menjadi 400 meter,” katanya, Sabtu (9/12/2017).

Ia menyebutkan, Porprov XV mendatang itu, menjadi persiapan cabor dayung di Sumbar jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang.

Eri menyatakan, PODSI merupakan salah satu cabor yang turut mengharumkan nama Sumbar ditingkat internasional, yang sembat mempersembahkan juara umum. Begitu juga saat Kejurnas (Kejuaraan Nasional), ada enam nomor yang berpacu, akhirnya empat nomor masuk final. Dari empat nomor itu, akhirnya membawa PODSI Sumbar meraih mendali perak.

“Dari torehan prestasi itu, sekarang PODSI Sumbar berada ditingkat empat secara nasional,” ucapnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat menemui atlet dayung di Pantai Tiram, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat/Foto: M. Noli Hendra

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang turut membuka secara resmi Pra Porprov Sumbar itu meminta kepada para atlet untuk berjuang sekuat tenaga, sehingga bisa menoleh kemenangan. Apalagi, pada PON 2020 mendatang, atlet dayung dari provinsi lainnya tentu memiliki atlet yang mempunyai kekuatan penuh.

“Jangan anggap enteng untuk Pra Porprov ini. Karena, meski air di Pantai Tiram ini terlihat tenang, jangan menilai tidak memiliki tantangan. Ingatlah, pada PON 2020 itu mungkin kondisi airnya lebih besar tantangannya,” pesan Nasrul kepada pada atlet dayung.

Selain itu, Nasrul juga turut menyaksikan pertandingan perdana kategori dragonboat antara Kabupaten Pesisir Selatan yang berpacu melawan Kabupaten Solok. Pada pacuan itu, akhirnya atlet dayung dari Kabupaten Pesisir Selatan berhasil keluar sebagai pemenang.

Lihat juga...