2017, Kunjungan Wisatawan ke Balikpapan Capai Target

BALIKPAPAN – Di Penghujung tahun 2017, tingkat kunjungan wisatawan ke Balikpapan telah mencapai target. Bahkan tingkat kunjungan telah melebihi dari target, dimana realisasi kunjungan mencapai 2 juta 350 ribu pengunjung dengan target 2 juta 200 ribu.

Meski ekonomi daerah belum sepenuhnya pulih, namun kunjungan untuk ke kota pengolahan minyak ini tak berpengaruh. Karena sepanjang tahun 2017 ini pertemuan nasional dan internasional banyak berlangsung di Balikpapan.

“Alhamdulillah ya kunjungan tahun ini mencapai target. Malah sudah lewat dari target 2 juta 200 ribu pengunjung,” ucap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Fasesly, Rabu (27/12/2017).

Kunjungan ke obyek wisata merata dari wisata pantai hingga wisata hutan mangrove dan Kebun Raya Balikpapan. “Merata kunjungannya ya, semua ada pengunjung. Yang kita kelola pantai Manggar paling banyak pengunjungnya,” paparnya.

Oemy menyebutkan, realisasi pendapatan dari Pantai Manggar hingga kini mencapai Rp1,9 miliar. Sementara target 2017 Rp2 miliar.

“Mudah-mudahan pendapatan di Pantai Manggar sampai akhir tahun mencapai target. Kan masih ada liburan akhir tahun,” gebu perempuan yang telah memiliki cucu ini.

Sedangkan persiapan untuk liburan Tahun Baru 2018, pihaknya telah mempersiapkan posko di pantai Manggar sejak sebelum Natal hingga 2 Januari 2018.

“Sudah ada posko yang siaga. Ada tim medis, ambulans, tim SAR, kepolisian dan tim terpadu lainnya,” sebut perempuan berkerudung ini.

Sementara itu, selama Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 Dinas Perhubungan Balikpapan melakukan koordinasi dengan kepolisian terkait pemantauan dan tenaga personel untuk bersiaga di sejumlah titik keramaian.

“Itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas. Termasuk di obyek wisata, personil juga berjaga,” sambung Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana.

Ia menambahkan 50 personel diturunkan di sejumlah pos dan kawasan rawan macet seperti Manggar dan Terminal Batu Ampar.

“Kita melihat dari kondisi tahun lalu, yang pada titik macet personel disiagakan,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Oemy Fasesly. Foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...