2017, Mitra Binaan Telkom Dapat Modal Rp4,4 Miliar

BALIKPAPAN – Sepanjang tahun 2017, PT Telkom area Balikpapan gelontorkan Rp4,4 milliar dengan jumlah mitra binaan sebanyak 137 UKM untuk penyaluran modal usaha kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Balikpapan. Pada triwulan ke IV/2017 disalurkan kepada 39 mitra binaan dengan nilai Rp1,4 miliar.

General Manager Telkom Witel Balikpapan, Deny Aryanto mengungkapkan, tidak hanya memberikan bantuan pinjaman modal usaha, Telkom juga melakukan pembinaan kepada mitra binaan dalam hal ini pelaku UMKM.

“Jadi kami tidak hanya lepas pada pemberian bantuan pinjaman modal usaha saja, tapi juga melakukan pembinaan. Pembinaan itu pelatihan misalnya mengenal promosi melalui digital dan pengelolaan keuangan,” jelasnya saat membuka dan pemberian bantuan pinjaman modal usaha triwulan IV/2017, Selasa (12/12/2017).

Pihaknya menuturkan, bantuan modal usaha diberikan tidak hanya habis untuk membeli bahan baku tapi juga untuk mengembangkan UMKM. “Bagaimana usaha bisnis ke depan. Dana mitra yang diberikan tidak hanya habis membeli bahan baku. Jadi kami tidak lepas kami melakukan pembinaan intensif,” terangnya.

Deny berharap melalui pemberian pinjaman modal usaha ini UMKM dapat memberikan kontribusi yang positif bagi roda perekonomian daerah khususnya Provinsi Kalimantan Timur.

Selain itu, pihaknya menambahkan, bagi pelaku usaha yang punya komunitas UMKM bisa menginformasikan ke pihaknya dan akan dibuatkan kampung digital. Di kampung itu Telkom akan menyediakan akses internet dengan berbagai tahapan kemudian memberikan ilmu cara pemasaran melalui digital.

“Pengembangan UMKM melalui kampung digital, kalau nanti punya komunitas usaha yang sama bisa dibuat kampung digital. Kami fasilitasi akses internet sampai center-nya, tahapan cara membuat email, cara pemasaran melalui media sosial dan lainnya yang membuat maju usaha UMKM,” tukasnya.

Kepala Seksi Bina UMKM Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Balikpapan, Rabiatun mengatakan, melalui kegiatan ini sangat membantu UMKM dalam mengembangkan usaha.

“BUMN dapat membantu, seperti yang dilakukan PT Telkom. Selain menyalurkan dana bergulir juga melakukan pendampingan,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada pelaku usaha untuk mempergunakan bantuan modal usaha dengan pengembangan usaha. “Kalau bisa ada tabungan untuk usaha jadi bisa mengetahui pertumbuhan usaha. Pemisahan keuangan pribadi dan usaha. Sisihkan juga untuk uang menimba ilmu demi mengembangkan usaha,” imbuhnya.

Sementara itu, Rita (35) salah seorang pelaku usaha makanan mengapresiasi program mitra binaan yang diberikan Telkom.

“Bagus ya, apalagi ini yang pertama kali. Selain kami dapat pinjaman modal usaha juga dapat ilmu dalam mempromosoikan usaha,” tambahnya.

Lihat juga...