2018, Prioritas Pemerataan Pendidikan di Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan bahwa sejumlah warga di kota setempat masih mengeluhkan belum meratanya proses pendidikan.

“Sehingga mereka berharap, pada 2018 bidang pendidikan menjadi program prioritas pemerintah kota,” kata Sigit di Palangka Raya, Jumat.

Pemerataan proses pendidikan tersebut dapat berupa peningkatan sarana dan prasarana pendidikan termasuk keberadaan tenaga pendidik sebagai aspek utama dalam proses pendidikan.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, secara umum sarana dan prasarana pendidikan yang ada di “Kota Cantik” ini cukup memadai.

Namun, lanjut dia, secara khusus yakni di wilayah pinggiran pelaksanaan pendidikan harus ada perhatian lebih dari pemerintah.

“Dari pantauan dan informasi yang disampaikan sejumlah masyarakat, penyebaran tenaga pendidik kita masih belum merata. Sejumlah gedung dan sarana sekolah pinggiran perlu perbaikan. Di satu sekolah ada banyak guru tetapi di tempat tertentu terutama di daerah pinggiran minim,” katanya.

Untuk itu, dinas pendidikan selaku pihak yang bertanggungjawab dapat melakukan pemerataan pendidikan yang mencakup keadaan sarana dan prasarana pendidikan, keberadaan jumlah tenaga pendidik, jumlah siswa serta hal-hal lain terkait pelaksanaan pendidikan.

Melalui pemetaan ini, diharapkan dinas semakin fokus dan mantap dalam memberikan layanan pendidikan.

Data ini juga dapat dijadikan dasar pemerintah kota untuk menentukan kebijakan dan menentukan langkah nyata dalam mengatasi ketimpangan pelaksanaan pendidikan antara sekolah di perkotaan dan di daerah pinggiran.

Dia pun berharap pemerintah kota melalui dinas pendidikan dapat menyerap dan melaksanakan aspirasi dan harapan masyarakat yang disampaikan saat musrenbang maupun reses terkait pelaksanaan pendidikan.

Terlebih lagi bidang pendidikan menjadi salah satu visi dan misi Pemerintah Kota hingga 2018 mendatang. (Ant)

Lihat juga...