31 Tim Ikuti “Dragon Boat Festival 2017” di Cilacap

CILACAP — Sebanyak 31 tim mengikuti kejuaraan perahu naga yang bertajuk “Dragon Boat Festival 2017” dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-60 PT Pertamina (Persero) dan Hari Armada RI di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah.

Kejuaraan yang digelar pada hari Minggu itu terbagi atas dua kategori, yakni pelajar yang diikuti 18 tim dan umum sebanyak 13 tim.

General Manager Pertamina Refinery Unit IV Cilacap Dadi Sugiana mengatakan kegiatan tersebut ditujukan untuk menjalin kebersamaan pemangku kepentingan yang terkait dengan laut.

“Jadi, Pertamina punya pelabuhan, Lanal (Pangkalan TNI Angkatan Laut) mengamankan laut, masyarakat sekitar yang punya hobi olahraga dayung, dan sebagainya, ini momentum kebersamaan,” ujarnya.

Dia mengharapkan dengan adanya “Dragon Boat Festival 2017” atau yang ke-15 diselenggarakan di Cilacap merupakan momentum untuk meraih prestasi.

Menurut dia, jumlah pesertanya dari tahun ke tahun makin bertambah banyak dan kali ini mencapai 31 tim.

“Tahun sebelumnya masih di bawah 20 tim. Artinya, peminat olahraga air makin besar dan mudah-mudahan bisa menjaring bibit-bibit atau talenta-talenta yang berprestasi di olahraga dayung sehingga nantinya bisa kita angkat lagi ke turnamen-turnamen yang lebih luas lagi atau lebih tinggi seperti provinsi maupun nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo mengatakan kejuaraan tersebut digelar sebagai ajang untuk mencari bibit atlet-atlet dayung dari Cilacap.

Dalam hal ini, kata dia, saat sekarang sudah ada kejuaraan perahu naga tingkat nasional namun belum ada bibit-bibit atlet dari Cilacap yang ikut ajang tersebut.

“Ini salah satu ajang untuk pencarian bibit,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya sangat mendukung acara tersebut dan ke depan diharapkan makin meningkat sehingga dapat menjadi kegiatan tingkat nasional.

Selain itu, kata dia, kejuaraan perahu naga di Pantai Teluk Penyu diharapkan dapat meningkatkan pariwisata Cilacap sehingga dapat lebih dikenal masyarakat luas.[Ant]

Lihat juga...