44 Wartawan Ikuti Orientasi Wartawan PWI DKI

BOGOR – Sebanyak 44 wartawan mengikuti orientasi wartawan anggota dan calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia. Acara ini digelar untuk peningkatan kualitas anggota Forwan yang terdiri wartawan film, musik dan seni budaya.

“Ini pertama kalinya orientasi wartawan anggota dan calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta yang diselenggarakan di luar kantor PWI DKI Jakarta,” kata Kesit B Handoyo, Pengurus PWI DKI Jakarta, mengawali pembicaraannya di Wisma Arga Mulya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jalan Raya Pucak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/12/2017).

Pembicara Kesit B Handoyo dan Moderator Amazon Dalimunte. –Foto: Akhmad Sekhu

Lebih lanjut, Kesit menerangkan pengalamannya mengikuti orientasi wartawan yang dulu bernama KPW (Kursus Pelatihan Wartawan). “Saya dulu juga mengikuti orientasi wartawan untuk menjadi anggota PWI DKI Jakarta”, terangnya.

Menurut Kesit, PWI menerbitkan kartu anggota yang terdiri atas Anggota Muda, Anggota Biasa, Anggota Luar Biasa dan Anggota Kehormatan. “Keanggotaan ini sesuai Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga PWI dan Kode Etik Jurnalistik”, tegasnya.

Kesit juga menyatakan, banyak manfaat dengan menjadi anggota PWI DKI Jakarta. “Kalau ada masalah hukum yang terkait dengan tugas kewartawanan bisa dibantu proses penyelesaian masalah hukumnya oleh tim hukum dari PWI,” ungkapnya.

Untuk anggota PWI yang ingin memperpanjang kartu PWI bisa diproses dengan mengecek data base di PWI. “Saya yang menangani Kartu PWI. Kalau kartu anggota PWI sudah habis waktu berlakunya lebih baik secepatnya diperpanjang. Sebab, kalau dalam satu tahun tidak diperpanjang, otomatis keanggotanya gugur dan harus kembali ikut orientasi lagi untuk mendapatkan kartu anggota PWI lagi,“ paparnya.

Ia menambahkan, sekarang ini pihaknya sedang mengusahakan dari Anggota Muda ke Anggota Biasa tidak harus dua tahun, asal melakukan uji kompetensi.

Selain orientasi wartawan untuk peningkatan kualitas anggotanya, Forwan juga menggelar acara pencanangan Gerakan Kampanye Film Indonesia dengan narasumber, antara lain, Kapusbangfilm Kemendikbud, Dr. Maman Wijaya, Produser, Ody Mulya Hidayat, dan Jimmy Harjanto dari Gabungan Pengusaha Bioskop Indonesia.

Juga menggelar Semiloka Pertelevisian yang mengangkat tema Gonjang-Ganjing Undang-Undang Penyiaran dengan narasumber Dr. Ishadi SK., (Ketua asosiasi Televisi Swasta Indonesia), Helmy Yahya (Direktur Utama TVRI), Muhaimin Iskandar, (Ketua umum PKB/anggota DPR RI Komisi I) dan Indra Yudhistira Ramadan, Presiden Direktur Indonesia Entertainment Produksi yang mengususng tema TV Konvensional vs TV Digital.

Lihat juga...