9.563 Keluarga Miskin Terima Subsidi Elpiji 3 Kg

BALIKPAPAN – Setelah melakukan rapat koordinasi tingkat daerah dan rapat koordinasi nasional penanganan masyarakat miskin, calon penerima subsidi elpiji 3 kilogram di Kota Balikpapan sebanyak 9.563 keluarga miskin.

Data tersebut telah disampaikan ke Kementerian Sosial RI, untuk diterapkan tahun 2018.

Sekretaris Dinas Sosial Balikpapan Sukaryanto mengungkapkan, jumlah penerima manfaat subsidi gas elpiji itu telah melalui pendataan dan validasi yang dilakukan dinas sosial sesuai dengan kriteria keluarga miskin.

“Data data ini sudah kami sampaikan ke kementerian sosial, untuk program penerima subsidi gas 3 kilogram. Keluarga penerima manfaat ada sebanyak 9.563 keluarga miskin,” jelasnya saat ditemui di kantornya di jalan Ruhui Rahayu Balikpapan.

Elpiji 3 kilogram. Foto: Ferry Cahyanti

Pendataan yang dilakukan untuk penerima manfaat subsidi gas ini dilakukan agar penggunaan elpiji 3 kg lebih tepat sasaran.

“Data berdasarkan jumlah keluarga miskin. Ini yang sudah divalidasil. Data ini sudah betul-betul sesuai dengan kriteria keluarga miskin,” tukasnya, Jumat (15/12/2017).

Sedangkan untuk mekanisme pemutakhiran mandiri keluarga miskin yang ikut dalam program tahun 2018, saat ini masih dilakukan validasi dan proses input oleh tim. Karena setelah pendaftaran langsung, baru proses input ke pemerintah pusat.

“Yang mendaftar untuk pendataan keluarga miskin sebanyak 11.860 KK. Sekarang masih dalam tahap pendataan validasi apakah memenuhi kriteria keluarga miskin,” kata Sukaryanto.

Sukaryanto menambahkan pada program mekanisme pemutakhiran mandiri keluarga miskin  akan masuk dalam penanganan kemiskinan seperti subsidi listrik, subsidi BBM, aslut, rastra, kesehatan dan pendidikan.

“Seperti rastra nanti diganti dengan bantuan pangan non tunai. Masih ada program lainnya, kesehatan dan pendidikan,” tambahnya.

Lihat juga...