97 Ribu KTP Elektronik Tunggu Cetak

BALIKPAPAN – Sebanyak 97 ribu warga Balikpapan yang telah melakukan perekaman KTP elektronik masih menunggu daftar pencetakan, mengingat blangko yang diberikan untuk pencetakan diberikan secara bertahap oleh Pemerintah Pusat.

Tercatat sepanjang tahun 2017 terdapat 48 ribu KTP-el telah dicetak. Daftar tunggu terus bertambah karena usia untuk memperoleh KTP-el setiap harinya juga bertambah, terkait pula dengan jumlah pendatang dan KTP-el yang rusak ataupun hilang.

“Baru-baru ini kami terima dari pusat sebanyak 4000 keping blangko. Kami kebut untuk cetak, kalau segitu selesai nggak sampai seminggu. Per hari bisa cetak 800 sampai 1.000 keping,” jelas Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi, saat ditemui Rabu (13/12/2017).

Perekaman KTP elektronik di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan. Foto: Ferry Cahyanti

Tingginya jumlah daftar tunggu untuk cetak KTP elektronik itu karena minimnya jumlah blangko yang tersedia. Lanjut Helmi, dalam menyelesaikan pencetakan KTP-el pemerintah daerah menunggu blangko dari pemerintah pusat.

“Blangko yang diberikan pemerintah pusat diberikan secara bertahap. Ngasihnya sedikit-sedikit jadi ya daftar tunggu untuk cetaknya berkurang juga tidak sebanding,” tuturnya.

Ia menyebutkan dari perhitungan pihaknya, 94 persen dari jumlah penduduk di Balikpapan telah memiliki KTP-el. Meskipun sebagian mereka belum memegang KTP-el namun telah menerima resi bahwa mereka sudah melakukan perekaman.

“94 persen dihitung dari jumlah penduduk usia dewasa di Balikpapan, yaitu 520 ribu. Ya mereka sudah punya resi tinggal ambil cetak saja,” pungkas Helmi.

Dia menambahkan, blangko yang baru-baru ini diterima dicetak untuk mereka yang telah melakukan perekaman pada November tahun 2016.

“Dahulukan yang daftar tunggu yang sudah lama. Kalau yang baru perekaman mungkin 2018 baru dapat,” tutupnya.

Lihat juga...