Aceh Utara Bangun 13 Rumah Korban Puting Beliung

LHOKSUKON – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh membangun kembali 13 unit rumah di Desa Matang Sijuk Timu, Kecamatan Baktiya Barat, yang menjadi korban puting beliung pada akhir November 2017 lalu.

Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Aceh Utara Muktaruddin menyatakan, proses rehabilitasi rumah korban bencana angin puting beliung dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dibangun delapan unit, sementara di selesai perbaikan di tahap kedua yang berjumlah lima unit, langsung diikuti penyerahan bantuan.

“Rumah para korban puting beliung sudah dibangun, tetapi hari ini baru dilakukan penyerahan secara resmi oleh Bapak Bupati, sekaligus peusijuk (tepung tawar),” katanya usai penyerahan bantuan rehabilitasi bagi 13 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban puting beliung tersebut digelar di Dusun Cot Raboe, Desa Matang Sijuk Timur, Jumat (29/12/2017).

Rumah bantuan yang diberikan berkonstruksi kayu selesai dibangun pada 19 Desember 2017. Proses pembangunan menggunakan dana tanggap darurat dari BPBD Aceh Utara. Sementara IPSM disebut Muktaruddin hanya sebagai pelaksana pembangunan.

Muktaruddin meyebutkan, pembangunan rumah berkonstruksi kayu itu dipilih setelah sebelumnya Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin yang sempat berkunjung ke tempat pengungsian korban puting beliung menjajikan Pemerintah Aceh akan membangun rumah permanen bagi mereka.

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib berharap, para korban dapat menjadikan musibah ini sebagai sebuah cobaan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan menerima bencana tersebut dengan dada lapang. “Kita berharap agar para korban dapat menerima musibah ini sebagai cobaan yang datang dari Allah SWT, sehingga bencana ini menjadi iktibar dan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah,” harap Bupati.

Bupati yang biasa disapa Cek Mad tersebut mengatakan, masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Utara untuk menggalakkan pengajian pada setiap gampong (desa) dengan tujuan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. “Di samping itu, juga dapat meningkatkan moral para pemuda, kemudian masyarakat kita lebih baik lagi dan dapat terhindar dari pengaruh narkoba,” pungkas Cek Mad. (Ant)

Lihat juga...