Akhir Tahun, Dishub Balikpapan Antisipasi Rawan Macet

BALIKPAPAN – Sebanyak 50 personel Dinas Perhubungan Balikpapan diturunkan untuk menjaga daerah yang rawan terjadi kepadatan atau kemacetan lalulintas menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Personel akan disebar di sejumlah pos dan kawasan rawan seperti Manggar dan Terminal Batu Ampar.

Antisipasi kawasan rawan lalulintas bekerjasama dengan pihak kepolisian. Kawasan yang akan dilakukan antisipasi adalah kawasan rawan yang meliputi lokasi rawan macet dan kecelakaan lalulintas.

“Beberapa lokasi yang terindikasi rawan macet dan lakalantas yaitu Km 5,5 sekitar Hotel Platinum, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan MT Haryono. Pada pos Km13 juga dijaga disana. Semoga keadaan aman dan kondusif seperti tahun yang lalu,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, Selasa (19/12/2017).

Dishub juga telah melakukan ramp check pada sejumlah kendaraan umum dan angkutan barang bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di Kariangau. Lanjut Sudirman, hal ini untuk mengantisipasi karena kendaraan yang beroperasi harus dinyatakan layak jalan.

Ramp check pada kendaraan angkutan juga terus dilakukan bersama BPTD di Kariangau. Itu untuk mengetahui kendaraan layak beroperasi,” jelas Sudirman.

Selain itu, dalam menjaga rasa aman di setiap wilayah, pihaknya juga membuka posko Natal dan Tahun Baru. Petugas kecamatan akan bergiliran melakukan penjagaan di posko dan patroli wilayah untuk monitoring keamanan.

“Posko di kantor kecamatan, akan ada petugas Kecamatan, juga berkoordinasi dengan instansi lain seperti Koramil dan Polsek setempat,” sebut Camat Balikpapan Selatan, Haemusri Umar.

Pihaknya juga meminta agar masyarakat turut aktif bersama-sama menjaga keamanan di wilayah masing-masing, dan segera melaporkan ke pihak berwajib terdekat jika mendapati adanya orang-orang yang mencurigakan.

“Kami terima laporan di posko yang dibuka dan meneruskan ke pihak berwajib jika ada laporan yang menjurus ke kriminalitas,” tambahnya.

Jalan KM 5,5 Balikpapan Utara yang padat lalulintas. Foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...