Akhir Tahun, DPU Balikpapan Serap 90 Persen

BALIKPAPAN – Hingga pekan pertama Desember 2017, penyerapan anggaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan mencapai 90 persen dari target 95 persen. Pasalnya, pada tahun 2017 ini proyek kegiatan baru yang dilaksanakan tidak banyak, mengingat pada tahun ini Pemerintah Kota fokus pada pembayaran proyek tahun 2016.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan, Tara Alorante menuturkan pada tahun ini pelaksanaan proyek baru tidak begitu banyak karena masih didominasi pada pembayaran proyek yang dilaksanakan tahun 2016.

“Ada pemotongan anggaran, tahun ini tidak banyak proyek baru. Optimis bisa selesai 100 persen sekarang sudah finishing saja. Lebih pada bayar utang proyek yang tertunda dan itu sudah selesai semua,” paparnya Senin (11/12/2017).

Salah satu pengerjaan proyek 2017 peninggian jalan di Jalan Manunggal. Foto: Ferry Cahyanti

Disebutkannya, proyek yang dilaksanakan tahun ini diantaranya gedung pertemuan Balikpapan Timur, ada multiyears stadion, Balikpapan Islamic Center, pembangunan gedung perizinan, dan perbaikan trotoar maupun peninggian jalan.

“Di Jalan Manunggal atau depan Stikom itu tinggal pengaspalan. Optimis 100 persen makanya kami konsentrasi pengerjaan sampai 100 persen mendekati akhir tahun,” ucapnya.

Tidak hanya pengerjaan proyek infrastruktur melalui APBD lanjut Tara, juga mengerjakan proyek pemeliharaan peninggian jalan di jalan Sutoyo depan PLTD Gunung Malang, dan jalan lampu merah di Balikpapan Baru serta jalan AMD depan Stikom yang sedang finalisasi.

Tara memastikan seluruh pekerjaan yang dilakukan PU dari mulai pelaksana hingga kontraktor agar lebih cermat lagi dan berhati-hati termasuk konsultan supervisi sebagai kepanjangan PU di lapangan agar lebih betul-betul profesional.

“Kita harus lebih cermat dalam mengerjakan proyek sampai pelaksanaannya sesuai dengan kontrak dan pekerjaannya,” tutupnya.

Lihat juga...