Akhir Tahun, Jasa Transportasi Penyeberangan Laut, Meningkat

Warga asal Pulau Sebuku seusai melakukan aktivitas di Pulau Sumatera kembali memanfaatkan jasa perahu nelayan di dermaga Pelabuhan Canti Kecamatan Rajabasa. [Foto: Henk Widi]
Upah buruh angkut di dermaga tersebut diakuinya sesuai dengan kesepakatan bisa mencapai Rp25 ribu hingga Rp50 ribu bahkan lebih menyesuaikan volume dan jenis barang yang diangkut.

Burhan, salah satu nelayan yang memanfaatkan tingginya arus tranportasi saat liburan mulai berlangsung menyebut, ia sengaja memanfaatkan waktu menyediakan jasa pengangkutan dari Pulau Sebuku ke dermaga Pelabuhan Canti dengan sistem carter karena di wilayah tersebut ada sebagian kampung yang lokasinya jauh dari akses dermaga di Dusun Teluk Bangkai. Sesuai kesepakatan ongkos umumnya rata-rata per orang penumpang disebutnya membayar Rp20.000 untuk menyeberang sekali jalan.

“Karena sudah dicarter biasanya saya tetap menunggu hingga penumpang yang saya antar kembali melakukan aktivitas berbelanja dan biasanya diberi waktu sehingga pulang dengan perahu milik saya,” terang Burhan.

Perahu yang biasanya dipergunakan untuk mencari ikan pada malam hari tersebut diakuinya kerap dicarter untuk mengantar warga dengan rata-rata Rp500.000 pulang pergi dengan kapasitas penumpang hingga 10 orang penumpang anak-anak dan orang dewasa. Meski mempergunakan perahu nelayan namun ia menyebut standar keamanan juga disiapkan dengan penyediaan jaket pelampung terutama saat kondisi cuaca sedang gelombang tinggi.

Pekerjaan utama sebagai nelayan selama musim liburan kerap disebutnya menjadi sumber rejeki karena banyak wisatawan penghobi memancing yang menggunakan jasa kapal miliknya untuk mengantar ke sejumlah spot memancing dengan biaya sekitar Rp2 juta. Selain itu, jelang tahun baru seperti pada tahun sebelumnya kapal miliknya bahkan dicarter untuk mengantar ke Pulau Krakatau dan juga mengunjungi titik snorkeling dan diving di Pulau Umang Umang.

Selain memberi keuntungan bagi sejumlah buruh angkut meningkatnya arus transportasi barang dan penumpang melalui dermaga Pelabuhan Canti juga memberi keuntungan secara finansial bagi sejumlah nelayan yang menyediakan jasa penyeberangan bagi penumpang umum warga Pulau Sebesi dan Sebuku serta sejumlah wisatawan.

Kesibukan di dermaga Pelabuhan Canti Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. [Foto: Henk Widi]
Lihat juga...