Akhir Tahun, PDAM Jamin Kebutuhan Air Bersih, Aman

LAMPUNG – Peningkatan permintaan kebutuhan air bersih selama liburan Natal 2017 cukup terlihat sepekan menjelang akhir tahun dengan naiknya kebutuhan air bersih untuk ratusan pelanggan rumah tangga, perusahaan pelayaran kapal-kapal di lintasan Bakauheni-Merak dan PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni.

Kepala Cabang PDAM Tirta Jasa Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel), Bambang, mengaku ada peningkatan air bersih sekitar 40 persen dibandingkan hari biasa terutama pelanggan perusahaan yang membutuhkan air bersih untuk berbagai kebutuhan.

A. Roni, manajer operasional melakukan pemeriksaan fasilitas penjernihan air dan penampungan air milik PDAM Tirta Jasa Bakauheni [Foto: Henk Widi]
Ia menyebut, permintaan akan air bersih banyak terdapat pada perusahaan di antaranya dominan dari PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni saat arus liburan. Ini terlihat dengan adanya puluhan fasilitas kamar mandi umum dan wc yang dipergunakan untuk melayani kebutuhan penumpang beragam kendaraan, baik roda dua, roda empat dan pejalan kaki.

Kebutuhan air bersih tersebut diakui Bambang disediakan oleh PDAM Tirta Jasa Bakauheni bagi penumpang yang akan menuju ke Pulau Jawa melalui pelabuhan Bakauheni dengan mempergunakan kapal laut.

“Sepekan terakhir permintaan akan air bersih memang cukup meningkat dengan banyaknya arus penumpang. Kebutuhan akan air bersih bagi penumpang terutama untuk wc di lobi tiket dan sejumlah area parkir dermaga yang banyak dipergunakan oleh penumpang kendaraan pribadi dan kendaraan bus,” terang Bambang, selaku Kepala Cabang PDAM Tirta Jasa Bakauheni saat ditemui Cendana News seusai melakukan proses pembersihan fasilitas filter pembersih air di bak penampungan, Rabu (27/12/2017).

Bambang menyebut, kebutuhan air bersih bagi PT. ASDP Indonesia ferry cabang Bakauheni untuk memenuhi kebutuhan sebanyak tiga bunker air tawar (reservoir) dan hidrant sebanyak 33 unit yang ada di sejumlah dermaga. Dipergunakan juga untuk kebutuhan sejumlah kapal dengan permintaan per kapal mencapai lebih kurang 500 kubik per kapal. Peningkatan permintaan  saat arus liburan mencapai 800 kubik air bersih per kapal akibat banyaknya penumpang dalam arus liburan.

Selain kebutuhan bagi sejumlah kapal peningkatan arus penumpang dengan kendaraan, pejalan kaki, berimbas kebutuhan air bersih untuk fasilitas toilet dan kamar mandi terutama di lobi pembelian tiket, ruang tunggu menuju gangway dengan rata-rata penumpang menggunakan fasilitas wc dan kamar mandi mencapai 200 hingga 300 orang per hari saat hari biasa. 400 hingga 500 orang per hari saat arus liburan.

“Stok di reservoir kita mencukupi sehingga ketika reservoir milik PT. ASDP yang dipergunakan untuk perusahaan pelayaran dan penumpang di pelabuhan maupun kapal meningkat maka kran kita buka,” beber Bambang.

Roni selaku manajer operasional PDAM Tirta Jasa Bakauheni di tempat yang sama menyebut, selain melayani kebutuhan pelanggan perusahaan pelayaran sekitar 23 perusahaan dengan puluhan kapal ia menyebut, pelanggan rumah tangga di wilayah Bakauheni dengan total pelanggan sekitar 500 pelanggan rumah tangga. Pada akhir tahun PDAM Tirta Jasa mendapat sebanyak 200 pelanggan baru di wilayah Kenyayan.

“Saat musim hujan seperti saat ini kebutuhan akan air bersih memang stabil dan saat kemarau sekalipun dengan debit air yang mencukupi kebutuhan masyarakat akan air bersih aman,” beber Roni.

Memiliki sebanyak 6 tempat penyaringan air (sand filter) berukuran besar, ia menyebut, fasilitas tersebut bisa membersihkan air bahan baku dengan kapasitas sebanyak 250 kubik air dan disalurkan ke tandon berukuran sekitar 750 kubik air bersih. Maksimal bisa menampung sekitar 1500 kubik air bersih. Selama kondisi hujan Roni memastikan, pasokan air bersih yang tersambung ke pipa bisa mengalirkan air dengan debit sekitar 25 liter per detik dan saat musim kemarau hanya sekitar 15 liter per detik.

Fasilitas toilet di lobi pembelian tiket PT.ASDP Bakauheni dengan penggunaan air bersih dari PDAM [Foto: Henk Widi]
Antisipasi kebutuhan akhir tahun dengan permintaan dari pelanggan sejumlah lokasi wisata pasokan dijamin aman dibandingkan tahun sebelumnya dengan ketersediaan mencukupi dari Gunung Rajabasa. Penambahan sumur bor dan pemanfaatan Sungai Way Andeng di Desa Hargo Pancuran Kecamatan Rajabasa untuk kebutuhan air bersih  akan semakin meningkatkan pasokan air bersih yang bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air untuk kebutuhan mandi, cuci, kakus.

Pemeliharaan fasilitas bak penampungan dan bak penyaringan air disebutnya rutin dilakukan setiap hari dengan melakukan pembuangan air di dalam bak penampungan untuk membersihkan air. Pelanggan dipastikan tidak mendapat air aliran dalam kondisi keruh. Penggunaan material pasir kuarsa untuk pembersihan air dalam bak penampungan disebutnya kerap ditambah dan diganti agar proses penjernihan air lebih maksimal.

Bak penampungan air dengan fasilitas sand filter dibersihkan setiap hari untuk memperoleh tingkat kejernihan maksimal [Foto: Henk Widi]
Lihat juga...