Akhir Tahun, Penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Meningkat

LAMPUNG – Selama arus liburan Natal 2017 akhir tahun ini, pihak PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Bakauheni mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak Banten.

Sugeng Purwono selaku Manajer Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni menyebut, berdasarkan rekapitulasi data angkutan Natal 2016 jumlah penumpang yang menyeberang mencapai 300.407 penumpang sementara pada tahun 2017 penumpang pejalan kaki yang menyeberang berjumlah 304.354 orang atau terjadi peningkatan sebanyak 3.947 orang.

Ia menyebut, sesuai data yang masuk hingga Rabu (27/12) jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni pada tahun 2017 tersebut terdiri dari sebanyak 60.374 penumpang pejalan kaki serta sebanyak 243.980 penumpang dalam kendaraan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan angkutan Natal 2016 dengan jumlah penumpang pejalan kaki hanya berjumlah sekitar 59.488 orang dan sebanyak 240.919 orang.

“Kenaikan memang ada namun tidak signifikan karena sebagian masyarakat yang akan menuju ke Pulau Jawa masih memanfaatkan liburan akhir tahun di Pulau Sumatera dan akan kembali ke Pulau Jawa dengan prediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada awal tahun,” terang Sugeng Purwono selaku manajer operasional PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni saat dikonfirmasi Cendana News di Pelabuhan Bakauheni, Rabu (27/12/2017).

Sugeng Purwono (kiri) Manajer Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni dan Anton Murdianto (kanan) General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni [Foto: Henk Widi]
Selain arus penyeberangan, penumpang pejalan kaki dan di dalam kendaraan, PT. ASDP juga mencatat, terjadi kenaikan arus kendaraan dari Pulau Sumatera menuju ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni di antaranya kendaraan roda dua, roda empat, bus dan truk besar.

Pada tahun 2016 pada angkutan Natal tercatat ada sebanyak 6.911 kendaraan roda dua menyeberang dari Bakauheni ke Merak, roda empat sebanyak 29.256 unit, bus sebanyak 3.023 dan kendaraan truk besar sebanyak 18.167 dan total 57.357 unit kendaraan berbagai jenis menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak.

Arus kendaraan tersebut pada tahun 2017 disebutnya mengalami peningkatan pada kendaraan roda dua dengan jumlah mencapai 8.422 atau terjadi kenaikan sebanyak 1.511 unit kendaraan roda dua.

Sementara kendaraan roda empat mencapai 29.035 mengalami penurunan sebanyak 221 unit dibandingkan tahun lalu, kendaraan bus sebanyak 2.864 mengalami penurunan 159 unit kendaraan, truk besar sebanyak 19.222 unit mengalami kenaikan sebanyak 1.055 unit, kendaraan roda empat lebih dan total kendaraan menyeberang berjumlah 59.543 unit atau terjadi peningkatan sebanyak 2.186 unit kendaraan.

Sebagai upaya melayani arus pengguna jasa yang menyeberang menggunakan kapal laut dalam angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, menurut Sugeng Purwono, disiagakan sebanyak 6 unit dermaga kapal roll on roll off ( Roro), loket penumpang sebanyak 14 unit, loket kendaraan sebanyak 16 unit dengan perincian sebanyak 9 loket permanen ditambah 5 loket portable roda 2 dan 2 loket portable roda empat.

Polwan dari Polres Lampung Selatan membantu penumpang kelelahan dan dibawa ke posko kesehatan [Foto: Henk Widi]
Selain itu untuk memudahkan penumpang pihak PT. ASDP Bakauheni juga menyiapkan loket penjualan tiket pejalan kaki dan kendaraan di terminal Rajabasa mulai tanggal 29 Desember hingga 2 Januari 2018 dengan harga tiket Rp15.000 untuk penumpang pejalan kaki dan Rp374.000 untuk kendaraan roda empat pribadi atau golongan IV.

Selain itu koordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VI Bengkulu-Lampung dengan penyiapan armada bus untuk mencukupi dari terminal bus Rajabasa ke Bakauheni.

Kesiapan di loket pejalan kaki juga dilakukan oleh pihak kantor kesehatan pelabuhan Panjang (KKP) yang bersiaga di Pelabuhan Bakauheni dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan yang juga melibatkan Puskesmas Sragi, Puskesmas Palas dan Puskesmas Ketapang.

Di Pelabuhan Bakauheni, berdasarkan data akibat kelelahan beberapa penumpang sempat mengalami gangguan kesehatan. Terakhir calon penumpang bernama Anggun Nurjanah (15) asal Lampung tujuan Depok Jawa Barat harus menjalani pemeriksaan di posko kesehatan KKP Bakauheni.

Personil Polwan dari Polres Lampung Selatan ikut membantu penumpang yang mengalami gangguan kesehatan untuk mendapat perawatan dan diperbolehkan melanjutkan perjalanan setelah kondisinya membaik.

Personil polisi dari Polres Lampung Selatan berjaga di pelabuhan Bakauheni selama arus libur Natal dan Tahun Baru [Foto: Henk Widi]
Lihat juga...