Akhir Tahun, Polres Karanganyar Sisir Perlintasan Kereta Api

SOLO – Jelang Natal dan tahun baru, Polres Karanganyar, Solo, Jawa Tengah, melakukan pengecekan perlintasan Kereta Api, di Stasiun Jaten. Pengecekan dengan puluhan personil serta anjing pelacak ini untuk memastikan arus KA aman.

Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Suryanto menjelaskan, pengecekan rel kereta api ditekankan sebagai antisipasi adanya sabotase oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang akan menghambat atau mengganggu jalannya arus Natal dan tahun baru melalui jalur Kereta Api.

Kasubag Humas AKP Suryanto didampingi Kepala Stasiun Jaten Sudarmanto, serta Kapolsek Jaten AKP Mardiyanto. Foto: Harun Alrosid

Pemeriksaan jalur kereta api ini dilakukan sepanjang 4,5 kilometer, dari Stasiun Palur, Jaten, hingga Miri, Kebakramat. “Pengecekan dilakukan baik mur baut, penrol maupun bantalan rel. Kita cek apakah ada yang kendur atau hilang,” ujarnya kepada awak media, Rabu (20/12/2017) siang.

Selama penyisiran sekaligus pengecekan yang melibatkan puluhan personil dari Satuan Sabhara Polres Karanganyar itu, petugas tidak menemukan adanya mur atau baut yang hilang. Hanya saja, beberapa baut diketahui kendor dan meminta petugas dari Stasiun Palur untuk mengencangkan.

“Tidak ada temuan yang berat, misalnya baut banyak yang hilang atau adanya benda yang sengaja dipasang di tengah rel dengan maksud untuk mengganggu perjalanan KA. Hanya ada baut yang kendor dan sudah diperbaiki,” jelas dia.

Jalur KA dari Solo – Sragen, yang melintas Stasiun Palur, Jaten, merupakan jalur strategis, karena menjadi perlintasan utama KA baik dari Jawa Timur ke arah barat Jakarta – Bandung maupun sebaliknya. Pengecekan jalur KA sepanjang 4,5 Km tersebut dikarekan jalur itu merupakan jalur paling sering dilintasi KA.

“Oleh karena itu kita lakukan pengecekan benar-benar. Bagaimana sambungannya, sudah  atau belum. Memastikan keamanan dan kelancaran adalah hal yang utama,” lanjut AKP Suryanto.

Disebutkan, setidaknya terdapat 10 perlintasan sebidang KA yang ada di sepanjang 4,5 Km tersebut. Dari 10 perlintasan, nantinya akan dijaga dari anggota Polsek dan Dishub Karanganyar. Untuk antisipasi kecelakaan selama Natal dan tahun baru, pihak kepolisian bekerjasama dengan PT KAI Daop VI Yogyakarta akan menerjunkan petugas khusus.

“Tujuannya adalah agar tidak ada kecelakaan. Karena dalam sehari kereta yang melintas mencapai 62 kali. Oleh karena itu nanti kita akan buat palang pintu portabel, yang fungsinya sementara,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Jaten Sudarmanto menambahkan, selama natal dan tahun baru intensitas KA yang melintas akan naik lebih dari 12 kali lipat. Dalam kondisi normal, KA yang melintas paling banyak hanya 6 kali, namun saat Natal dan tahun baru bisa mencapai 62 kali.

“Kita juga akan menambah personil untuk mengantisipasi kecelakaan di perlintasan KA,” tandasnya.

Lihat juga...