Akhir Tahun, Satgas Pangan Gelar Sidak di Banjar

BANJAR – Jelang Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, jajaran Polres Kota Banjar, Polda Jawa Barat, bersama instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjar yang tergabung dalam tim Satgas Pangan Kota Banjar, melakukan sidak ke sejumlah swalayan dan toko modern yang ada di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (14/12/2017).

Sejumlah swalayan dan toko modern yang disisir di antaranya, Toserba Yogya, Samudra, dan Pajajaran.

Kapolres Kota Banjar, AKBP. Twedi, AB., S.Sos., S.I.K., MH., mengatakan, kegiatan sidak tersebut sering dilakukan setiap tahun jelang Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Natal, dan Tahun Baru.

Menurut Kapolres, tujuan sidak guna mengecek barang-barang dan harga dagangan yang ada di swalayan dan toko modern. Dikhawatirkan, ada kenaikan harga barang-barang serta ada barang yang sudah tidak layak konsumsi masih diperjualbelikan.

“Setiap perayaan hari-hari besar, harga bahan-bahan kebutuhan pokok biasanya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Oleh sebab itu, jajaran Polres Kota Banjar, bersama instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjar yang tergabung dalam tim Satgas Pangan Kota Banjar, bertugas untuk melakukan pengontrolan dan pengecekan,” ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan, jika pada sidak tersebut ditemukan ada lonjakan harga yang tidak rasional, maka pihaknya akan segera melakukan penyelidikan. Begitu pula bila ditemukan barang-barang yang sudah kadaluwarsa dan masih diperjualbelikan, maka akan ditindak tegas.

“Jauh-jauh hari, sebelum perayaan hari-hari besar, kondisi pasar rentan dengan penimbunan. Harga dimainkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Tentu kami akan melakukan penyelidikan. Kalau ditemukan adanya kenaikan harga barang dan bila ditemukan barang kadaluwarsa, maka akan ditindak tegas. Khususnya pemilik swalayan dan toko modern tersebut,” tegas Kapolres.

Sejumlah instansi dalam sidak tersebut, di antaranya Dinas Pertanian Kota Banjar, Dinas Perdagangan Kota Banjar, dan Dinas Kesehatan Kota Banjar.

Lihat juga...