Akhwan-Hadi Penuhi Syarat Dukungan Minimal Pilkada Kudus

KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memutuskan bakal pasangan calon jalur perseorangan Akhwan-Hadi Sucipto memenuhi syarat minimal dukungan. Sementara pasangan calon perseorangan lainnya Nor Hartoyo-Junaidi belum memenuhi syarat pencalonan.

Hal itu, diputuskan melalui rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018 di aula KPU Kudus, Sabtu (30/12/2017).

Ketua KPU Kudus Moh Khanafi mengatakan, bakal pasangan calon perseorangan Akhwan-Hadi sudah memenuhi syarat minimal dukungan karena dari hasil verifikasi faktual menetapkan jumlah dukungan yang telah diajukan sebanyak 64.417 dukungan.

Dukungan tersebut sudah melampaui syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan sebanyak 45.323 dukungan. “Pasangan calon nantinya hanya mempersiapkan syarat pencalonannya, karena jumlah dukungan perseorangan yang ada sudah memenuhi syarat,” ujarnya.

Sepanjang persyaratan lainnya dipenuhi pasangan calon dari jalur perseorangan tersebut bisa ditetapkan sebagai calon bupati-wakil bupati. Untuk pasangan Nor Hartoyo – Junaidi dari hasil rekapitulasi syarat dukungan minimalnya masih ada kekurangan. Namun pasangan tersebut masih bisa mendaftar sebagai calon bupati-wakil bupati pada 8-10 Januari 2018 mendatang.

Hanya saja untuk lolos menjadi pasangan calon kepala daerah, pasangan tersebut harus mampu mengumpulkan dukungan pada masa perbaikan yang harus diserahkan pada 18-20 Januari 2018. Dari hasil verifikasi faktual data dukungan pasangan Nor Hartoyo-Junaidi tercatat hanya 40.995. Sehingga masih kurang sebanyak 4.325 dukungan.

Sesuai aturan, maka pasangan tersebut harus menyerahkan dukungan sebanyak dua kali lipatnya atau 8.656 dukungan. “Tahapannya berikutnya sama seperti sebelumnya, akan ada verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan tersebut,” jelasnya.

Bakal Calon Bupati Kudus Nor Hartoyo sebelumnya mengakui, adanya kekurangan dukungan tersebut. Meskipun demikian, mereka sudah menyiapkan data dukungan perbaikan sedikitnya 10.000 dukungan. Dengan demikian, bakal pasangan calon di Kudus yang mulai terlihat peluang mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2018 baru dua, yakni pasangan Akhwan-Hadi dari jalur perseorangan serta Masan-Noor Yasin yang diusung PDI Perjuangan.

Bakal pasangan Masan-Yasin memastikan diri meramaikan Pilkada Kudus 2018 menyusul diterimanya rekomendasi dari PDIP untuk mengusung keduanya sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Kudus 2018. (Ant)

Lihat juga...