Aksi Juki yang Konyol dan “Antimainstream”

JAKARTA — Tahukah Anda siapa itu ‘Si Juki’? Mendengar namanya yang memakai J daripada Z tampak sebagai sikap yang antimainstream. Karena kita sudah terbiasa mendengar nama tokoh seniman besar Ismail Marzuki yang namanya diabadikan menjadi pusat kesenian TIM (Taman Ismail Marzuki). Film animasi ‘Si Juki the Movie’ dikembangkan dari karakter komik yang awalnya terbit secara daring, dan kemudian terbit dalam bentuk buku

Film ini diawali dengan adegan mengenal tokoh Juki beserta para keluarganya yang tampak cukup baik dalam mengenalkan para tokoh kepada para penonton yang mungkin belum mengenal sosok Juki.

Kisah sosok Juki yang berada di jalur antimainstream yang membuat dia disukai. Sikapnya yang polos, lucu tapi cenderung konyol, dan berani tapi lebih nekad tampaknya membuat dirinya tampil beda sehingga nama Juki langsung kesohor melesat bak meteor.

Dia menjelma menjadi selebritis. Akan tetapi, roda hidup terus berputar. Pelan-pelan pamor Juki meredup karena Juki dianggap berubah. Hingga sampai Juki dikucilkan komunitasnya.

Kendati sedih, tapi Juki berusaha untuk tetap tenang dan kocak seperti biasa. Apalagi dia dikelilingi keluarga yang selalu ada dan mendukungnya. Terutama Enyak (Maya Wulan), Babeh (Jaja Mihardja), serta pamannya Profesor Juned (Indro Warkop) dan sepupunya Juleha (Wizzy).

Sampai akhirnya serial yang Juki bintangi distop penayangannya, Juki berupaya tetap biasa saja. Meski dalam dirinya menyimpan kekecewaan sangat mendalam.

Di sisi lain, Badan Antariksa menemukan ada asteroid yang akan menabrak bumi. Hal ini membuat peneliti dari Badan Antariksa, Erin (Bunga Citra Lestari) panik. Setelah diskusi dengan Presiden (Butet Kartaredjasa), datang seorang pengusaha yang berniat mencegah bencana itu. Namun, Erin merasa ada yang aneh tanpa bisa berbuat apa-apa.

Erin kemudian menemui Juki untuk meminta tolong agar Juki menghentikan misi karena perhitungan yang tidak akurat. Juki membentuk ‘Panitia Hari Akhir’ yang terdiri dari Erin, Juleha, Bang Togat, dan Buyung, yang akan menghancurkan meteor tersebut dan menyelamatkan dunia dari kehancuran. Sayangnya, tindakan ini malah dianggap sebagai sabotase karena gagalnya misi menghancurkan asteroid.

Di tengah kerumitan masalah, Profesor Juned berusaha untuk membantu dengan penemuannya. Dengan segala upaya, akhirnya Juki bersama ‘Panitia Hari Akhir’ berhasil mencapai luar angkasa untuk menghancurkan asteroid. Berhasilkah misi Juki dan kawan-kawan untuk menyelamatkan dunia?

Film ‘Si Juki the Movie’ yang lengkapnya berjudul ‘Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir’ ini cukup menghibur. Tapi masyarakat kita yang telah terbiasa disuguhi film animasi luar negeri, seperti misalnya, kartun Disney maupun animee manga dari Jepang.

Lihat juga...