Amankan Natal dan Tahun Baru, Polresta Malang Libatkan Ormas

MALANG  – Beberapa hari menjelang perayaan Natal dan Tahun baru 2018, Polres Malang kota telah bersiap untuk melakukan pengamanan guna menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Tidak hanya mengerahkan personil gabungan TNI dan Polri, pengamanan perayaan Natal dan tahun baru kali ini juga melibatkan beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Kabag Ops Polres Malang Kota, Kompol Dodot Dwianto mengatakan, untuk pengamanan kegiatan Natal dan tahun baru pihak kepolisian Malang kota akan menggelar Operasi Lilin Semeru 2017.

“Kemarin dalam rapat koordianasi selain mengundang instansi terkait seperti TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, kami juga mengundang beberapa Ormas di antaranya dari Banser, Kokam, FKPPI, dan Pramuka. Mereka semua ikut bergabung dalam unsur pengamanan Natal dan tahun baru,” jelas Kompol Dodot kepada Cendana News, Selasa (19/12/2017).

Dodot melanjutkan, untuk ormas ada yang sifatnya bergabung dengan petugas, tetapi ada juga yang melaksanakan pemantauan pengamanan sendiri. Jadi mereka bisa melakukan pemantauan sendiri dan langsung menginformasikan kepada petugas jika ada kejadian atau tindakan yang melawan hukum.

“Artinya ormas juga ingin agar wilayah kota Malang bisa tetap aman dan kondusif. Karena tidak ada satu warga pun yang ingin suasana kota Malang tidak kondusif,” ujarnya.

Selain itu, Dodot juga menyampaikan bahwa mulai tanggal 20 Desember 2017 pihaknya akan mulai membangun Pos Pengamanan (Pospam) di tiga titik yakni di Jalan Ijen, Jalan Ahmad Yani, Kayutangan dan ditambah satu lagi Pospam di depan stasiun.

Kemudian ada juga pos pantau yaitu di lokasi-lokasi keramaian atau pusat perbelanjaan seperti di Matos, MOG, Pasar besar dan di seputaran Ramayana. Disana disiapkan anggota untuk pengamanan maupun untuk patroli.

“Harapan kami bukan semata-mata hanya polisi saja yang melakukan pengamanan tetapi seluruh potensi masyarakat juga harus ikut menjadi polisi paling tidak bagi dirinya sendiri. Jadi mari kita sama-sama ikut menjaga keamanan kota Malang sehingga tetap kondusif,” pintanya.

Dodot juga menyebutkan, total ada 525 personil kepolisian yang akan diterjunkan untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru 2018.

Lihat juga...