Angin Kencang, Pohon Besar di Mataram Tumbang

MATARAM – Hujan ringan disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon besar di sepanjang jalan dan perkantoran Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) bertumbangan akibat diterpa angin kencang.

Berdasarkan pantauan Cendana News, pohon tumbang akibat angin kencang terjadi di jalan Sriwijaya, kantor Perpajakan NTB dan Kampus Universitas Mataram (Unram). Pohon tumbang paling banyak terjadi di kampus Unram sebanyak tiga pohon besar.

“Pohonnya tumbang saat angin hujan disertai angin kencang tadi dan menimpa belasan motor mahasiswa yang ada di parkiran, untung saja tidak ada korban jiwa,” kata Budi salah satu petugas cleaning service Unram saat membantu mengangkat sepeda motor dari tindihan cabang pohon, Rabu (20/12/2017).

Pohon tumbang di depan LPPM Unram. Foto: Turmuzi

Budi mengatakan, tumbangnya pohon di halaman parkir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram, selain memang karena terpaan angin kencang, juga karena tidak pernah dilakukan peremajaan terhadap pohon yang ada di Unram.

Akibat pohon tumbang tersebut belasan sepeda motor milik mahasiswa tertimpa dan mengalami kerusakan ringan hingga sedang, mulai dari bagian kepala hingga bodi sepeda motor.

“Rata-rata sepeda motor yang terkena lecet, tapi paling parah ada tiga unit, karena terkena di bagian kepalanya,” katanya.

Komang Aditia Yudistira, mahasiswa Fakultas Teknik mengaku, melihat langsung bagaimana pohon cemara tumbang dan menimpa sepeda motor mahasiswa yang terparkir, karena dirinya sedang berada di FKIP bertemu teman.

“Kasihan juga teman yang motornya tertimpa pohon tumbang, tapi mau bagaimana, untung saja tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Selain terjadi di halaman parkir FKIP Unram, pohon tumbang juga terjadi di halaman gedung B Fakultas Ekonomi dan Akuntansi Unram menimpa gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok, l Gusti Agung Angga Dwik Sanjaya meminta masyarakat mewaspadai gelombang air laut tinggi dan pohon tumbang akibat mendung disertai angin kencang yang terjadi hari ini.

“Berdasarkan pengamatan kami, saat ini terpantau sedang terjadi peningkatan kecepatan angin di wilayah Lombok dan Sumbawa bagian barat,” kata Agung melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/12/2017).

Kondisi sekarang ini disebabkan adanya gangguan cuaca di sekitar NTB, yaitu adanya palung tekanan rendah di selatan NTB. Hujan ringan sedang hingga lebat terpantau di sebagian wilayah Lombok Barat dan Lombok Tengah bagian selatan.

Untuk itu dhimbau kepada masyarakat agar berhati-hati selama beraktivitas di luar, waspadai akibat adanya angin kencang yaitu pohon tumbang.

“Potensi tersebut masih harus diwaspadai hingga 2-3 hari ke depan,” tegasnya.

Lihat juga...