ASDP: Lonjakan Kedatangan Penumpang Mulai Terlihat di Bakauheni

LAMPUNG — Manager Operasional PT.ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Sugeng Purwono menyebutkan, arus penumpang masih didominasi dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni. Tercatat Pelabuhan Merak sudah menyeberangkan penumpang sebanyak 472.863 orang sementara PT.ASDP cabang Bakauheni baru mencapai 401.431 orang.

“Berdasarkan pantauan di lapangan pada akhir pekan ini dominasi penumpang banyak berasal dari Merak. Sementara yang akan menuju ke Merak terbilang masih belum signifikan,” terang Sugeng kepada Cendana News di loby pembelian tiket penumpang pejalan kaki, Sabtu (30/12/2017).

Salah satu kapal yang sandar di dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni, KMP Sebuku dari Pelabuhan Merak bahkan terlihat mengangkut lebih dari 600 penumpang pejalan kaki ditambah kendaraan roda dua dan roda empat. Kondisi berbeda diakuinya terjadi dari pelabuhan Bakauheni dengan jumlah penumpang diseberangkan mencapai 401.431 dengan rincian sebanyak 321.561 penumpang dalam kendaraan dan sebanyak 79.870 orang.

Peningkatan arus penumpang terlihat dengan adanya lonjakan pada Sabtu (30/12) dengan jumlah penumpang dari Merak berjumlah sekitar 50.477 orang. Berdasarkan data jumlah penumpang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni berjumlah 32.588 penumpang dengan rincian sebanyak 26.043 penumpang dalam kendaraan dan sebanyak 6.545 penumpang pejalan kaki.

Dari data tersebut Sugeng Purwono menyebut terdapat sebanyak 71.432 penumpang yang berlibur di Pulau Sumatera dan belum kembali ke Pulau Jawa, sebanyak 60.087 penumpang dalam kendaraan dan sebanyak 11.345 penumpang pejalan kaki belum kembali.

Sebagian penumpang yang belum kembali diprediksi merupakan masyarakat yang masih menikmati liburan di Pulau Sumatera dan akan kembali ke Pulau Jawa sekitar tanggal 2 Januari 2018 mendatang.

Brigjen Pol Bonifasius Tampoi (kanan) selaku Anjak Utama Lemdiklat Polri didampingi Kapolres Lamsel AKBP M.Syarhan (kiri) melakukan peninjauan di dermaga 2 [Foto: Henk Widi]
Sementara itu, dalam arus liburan di pelabuhan Bakauheni pantauan Cendana News Anjak Utama Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Bonifasius Tampoi melakukan asistensi di wilayah Polda Lampung dalam rangka pengamanan terhadap ancaman terorisme pada perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

Didampingi Kapolres Lampung Selatan AKBP M.Syarhan, ia meninjau situasi arus liburan di Pelabuhan Bakauheni di lokasi loby penjualan tiket penumpang, kendaraan dan juga Ship Traffic Control (STC) di Pelabuhan Bakauheni.

“Kondisi arus balik liburan masih terpantau normal dan kondisi keamanan juga masih terpantau aman dengan adanya personil polisi yang bertugas dalam operasi lilin 2017 Krakatu ini,” beber Brigjen Pol Bonifasius Tampoi.

Selain meninjau lalu lintas dan alur pelayaran kapal kapal yang ada di lintasan Selat Sunda mantan Wakapolda Lampung tersebut juga memantau arus penumpang turun dari Pelabuhan Merak yang didominasi oleh penumpang pejalan kaki. Ia berharap situasi di pelabuhan Bakauheni akan tetap kondusif hingga selesainya arus liburan tahun baru 2018 di pelabuhan, bandara, terminal dan stasiun di Lampung.

Lihat juga...