Balada Cinta Lelaki Pembawa Mesin Ketik

JAKARTA – Apa yang paling kita ingat dari sebuah mesin ketik?

Suaranya tak-tik mengingatkan kita pada petugas kelurahan dalam tugas keseharian melayani masyarakat setempat. Tapi, bagaimana kalau ada seorang lelaki muda yang ke mana-mana selalu membawa mesin ketik?

Tentu tampak terlihat aneh di jaman canggih yang selalu tak lepas dari gadget di tangan. Aktif bermedsos tiap hari tiada henti. Namun, justru itulah keunikannya, bahkan ia sengaja membunyikan mesin ketiknya di tengah kafe yang terdengar begitu sangat berisik.

Adalah Hema Candra yang dimainkan aktor muda Jefri Nichol dengan cukup meyakinkan sebagai lelaki muda yang urakan, suka grafiti dan selalu membawa mesin ketik kemana pun ia pergi.

Pertemuannya dengan Starla (dilakoni aktris muda nan manis Caitlin Halderman), ketika ia bersembunyi memainkan mesin ketiknya. Karena dikira maling, Starla langsung membabi buta memukul Hema dengan stik baseball. Tentu saja Hema kesakitan hingga hidungnya berdarah. Selanjutnya, Starla minta maaf pada Hema dan keduanya kemudian akhirnya jadi pacaran. Sebuah potret kisah cinta ‘kids zaman now’ yang tampak begitu sangat mudah untuk saling jatuh cinta.

Adegan selanjutnya, sebuah kisah anak muda yang sedang kasmaran begitu berbunga-bunga. Rasanya bergejolak. Darah mudanya menggelegak yang kemudian disalurkan ke tembok-tembok kota, meski setelah itu dikejar-kejar polisi dengan pentungan. Hema tampaknya tahu resiko tapi selalu dan selalu dilakukannya.

Tampaknya dikejar-kejar polisi menjadi sensasi tersendiri. Starla yang tak terbiasa kucing-kucingan dengan polisi tentu saja tertangkap hingga kemudian Hema menyerahkan diri. Keduanya dibawa ke kantor polisi dan baru bisa pulang kalau orang tuanya menjemput.

Cinta memang buta. Starla tetap cinta pada Hema, meski yang dilakukan lelaki itu di luar kebiasaan. Ibunya Starla tentu saja marah-marah. Tampaknya seumur-umur tak pernah berurusan dengan polisi dan karena tingkah Hema yang membuat Starla berurusan dengan polisi.

Sampai suatu hari, Starla sedang mengendarai mobil bersama ibunya melihat Hema bermesraan dengan seorang perempuan. Starla langsung turun dari mobil dan siap melabrak Hema. Ibunya yang ditinggal sendiri dalam mobil tentu saja marah-marah karena membuat kemacetan dimana mobil-mobil di belakangnya membunyikan klakson bersahut-sahutan.

Starla tak bisa mengejar Hema yang selingkuh dan kembali ke mobil dengan tersedu-sedu menangis sesenggukan.

Sejak Hema kepergok selingkuh, Starla tak mau berhubungan dengan Hema. Tapi Hema yang tak tahu alasan dirinya begitu tiba-tiba diputus Starla tentu menjadi tanda tanya. Starla yang anak orang kaya terbiasa dimanjakan orangtua memang langsung patah arang begitu melihat Hema selingkuh.

Film ini cukup mengharu-biru. Kisahnya diangkat dari kesuksesan lagu milik Virgoun yang berjudul sama yang begitu ngetop di kalangan para remaja saat ini. Google bahkan menobatkan lagu Surat Cinta untuk Starla sebagai pencarian paling populer sepanjang 2017. Sebelum diangkat ke layar lebar, Surat Cinta untuk Starla pun sempat dibuat dalam bentuk serial mini di YouTube dengan total durasi sekitar 30 menit.

Film arahan sutradara Rudi Aryanto dengan skenario garapan Tisa TS ini seperti melengkapi, yang tentu mengalami banyak perombakan besar termasuk penambahan plot twist dalam film berdurasi 105 menit tersebut. Sayangnya, penggarapan Surat Cinta untuk Starla The Movie tampak tergesa-gesa yang sebenarnya masih terbuka lebih banyak lagi pengembangannya.

Dari pertemuan Hema dan Starla terasa begitu cepat dan melompat-lompat. Sekilas seperti untuk mengekspresikan bagaimana meledak-ledaknya dua sejoli jatuh cinta. Tapi, ada beberapa dialog yang seharusnya bisa dimasukkan agar kisah terasa lebih utuh. Yang unik dan klasik tentu nuansa mesin tik seperti video klip lagu aslinya dan mural.

Akting Jefri Nichol cukup gemilang. Ia seperti next bintang Nicholas Saputra yang kalau kemampuan akting lebih diasah lagi tentu akan lebih bagus lagi. Memang dibutuhkan jam terbang lebih banyak lagi karena perjalanan karirnya tentu masih sangatlah panjang.

Sedangkan, Caitlin Halderman cukup bagus dan tampak berusaha sebaik mungkin. Ia bisa juga menjadi next bintang seperti Dian Sastrowardoyo.

Adapun, Meriam Bellina yang memang pengalaman dalam dunia perfilman tampak begitu total melakoni sosok ibu Starla, perempuan Sunda-Belanda.

Apresiasi juga patut kita berikan untuk pengambilan gambar yang menawan. Film ini seperti ingin memanjakan indra penglihatan kita dengan pemandangan Jakarta yang tampak begitu indah, mulai dari Monas hingga Kalijodo.

Bagi remaja era kini, Surat Cinta untuk Starla The Movie bisa menjadi salah satu film untuk mengisi liburan akhir tahun.

Film ini mulai tayang di bioskop pada ujung tahun 2017, tepatnya 28 Desember 2017 yang bisa menjadi oase para remaja yang sedang kasmaran. Juga bisa nostalgia bagi para orang tua mengenang masa pacaran untuk mengakhiri tahun 2017 dengan senyum penuh kenangan.

Salah satu adegan film Surat Cinta untuk Starla The Movie. Foto Istimewa/Dok. PH. Screenplay Films
Lihat juga...